Santoso, Drajat (2021) PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN DAN PERILAKU SISWA MELALUI KEGIATAN TAHFIZH AL-QUR’AN DI SD ALAM INSAN MULIA KOTA LUBUKLINGGAU. Masters thesis, UIN Fatmawati Sukarno.
|
Text
DERAJAT SANTOSO_S2_PAI.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Karakter disiplin penting dikembangkan dalam rangka membentuk kepribadian yang kokoh dan betanggung jawab sehingga peserta didik dapat belajar dengan baik. Salah satu bentuk pembentukan karakter disiplin adalah dengan kegiatan tahfizh al�Qur’an, yang dikerjakan siswa secara rutin setiap pagi disekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) usaha pembentukan karakter disiplin dan perilaku siswa melalui kegiatan tahfizh di SD Alam Insan Mulia Lubuklinggau, 2) pola aktivitas keagamaan tahfizh al-Qur’an dalam membentuk karakter disiplin dan perilaku siswa di SD Alam Insan Mulia Lubuklinggau, dan 3) kendala pembentukan karakter disiplin, dan perilaku siswa melalui aktivitas keagamaan tahfizh al-Qur’an di SD Alam Insan Mulia Lubuklinggau. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Ujia keabsahan dalam penelitian ini adalah trianggulasi sumber, teknik, dan waktu. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, usaha pembentukan karakter siswa melalui aktivitas tahfizh al-Qur’an di SD Alam Insan Mulia Lubuklinggau, antara lain; 1. menetapkan visi, misi, dan tujuan, 2. mewajibkan peraturan dan tata tertib siswa. 3. koordinasi antar guru, dan 4. bekerjasama dengan orang tua/wali siswa dan masyarakat. Kedua, pola aktivitas keagamaan tahfizh al-Qur’an dalam membentuk karakter disiplin, dan perilaku siswa di SD Alam Insan Mulia Lubuklinggau, antara lain: 1) memasuki kelas dengan tertib dan tepat waktu, kemudian 2) siswa mengantri ketika guru tahfizh menyimak siswa yang lain, 3) membangun budaya membaca al-Qur’an disekolah, 4) mewajibkan siswa murojaah setiah hari, 5) keteladanan dari guru. Ketiga, kendala dalam pembentukan karakter disiplin, dan perilaku siswa di SD Alam Insan Mulia Lubuklinggau, antara lain: (1) Minimnya jumlah guru (2) Siswa Malas menghafal pengaruh bermain gadget (3) Kurangnya evaluasi sekolah (4) Kurangnya perhatian orang tua/ sibuk bekerja (5) Kurikulum perlu perbaikan (6) Lingkungan yang belum kondusif
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tahfizh Al-Qur’an, karakter disiplin dan Perilaku siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | PASCASARJANA > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | yuli astria ria |
Date Deposited: | 22 Sep 2021 01:28 |
Last Modified: | 22 Sep 2021 01:28 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6912 |
Actions (login required)
View Item |