INTERNALISASI NILAI-NILAI RELIGIUS MELALUI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS V SDN RANTAU JAYA KECAMATAN KARANG JAYA KABUPATEN MUSI RAWAS UTARA

TOHARI, IMAM (2021) INTERNALISASI NILAI-NILAI RELIGIUS MELALUI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS V SDN RANTAU JAYA KECAMATAN KARANG JAYA KABUPATEN MUSI RAWAS UTARA. Masters thesis, UIN FAS BENGKULU.

[img]
Preview
Text
TESIS IMAM TOHARI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK IMAM TOHARI NIM. 1911540018 Penelitian ini menjelaskan tentang nilai-nilai relegius apa saja yang di internalisasikan pada pembelajaran PAI pada siswa kelas V SDN Rantau Jaya Kecamatan Karang Jaya Kabupaten Musi Rawas Utara dan proses internalisasi pendidikan agama Islam dalam membangun nilai-nilai religius pada siswa kelas V di SDN Rantua Jaya Kec. Karang Jaya Kabupaten Musi Rawas Utara serta faktor pendukung dan penghambat nilai-nilai relegius melalui pendidikan agama Islam pada siswa Kelas V SDN Rantau Jaya Kec. Karang Jaya Kabupaten Musi Rawas Utara. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif yang menjadi subjek penelitian kepala sekolah dan guru yang ada di SDN Karang Waru Kecamatan Karang Jaya Kabupaten Musi Rawas Utara. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi, setelah data didapat kemudian dilakukan pemeriksaan keabsahan data dengan cara berusaha membandingkan informasi yang dikatakan oleh informan dan data hasil pengamatan dengan hasil wawancara, selanjutnya data tersebut dianalisis secara deduktif. Dari hasil penelitian didapati bahwa 1) Nilai-nilai relegius yang di internalisasikan pada pembelajaran PAI pada siswa kelas V SDN Rantau Jaya Kecamatan Karang Jaya Kabupaten Musi Rawas Utara, yaitu nilai ketaqwaan, nilai sopan santun siswa terhadap guru, toleransi dan kerukunan antar warga sekolah baik guru dan siswa, tenggang rasa kepada sesama warga sekolah, kedisiplinan dalam hal berpakaian dan waktu, kepedulian terhadap sesama warga sekolah dan warga masyarakat yang membutuhkan, dan nilai akhlak terhadap lingkungan yakni nilai kebersihan dalam hal menjaga kelestarian lingkungan sekolah. 2) Proses internalisasi pendidikan agama Islam dalam membangun nilai-nilai religius pada siswa kelas V di SDN Rantau Jaya Kecamatan Karang Jaya Kabupaten Musi Rawas Utara melalui keteladanan dan pembiasaan. 3) faktor pendukung dan penghambar internalisasi nilai-nilai relegius melalui pendidikan agama Islam pada siswa Kelas V SDN Rantau Jaya Kecamatan Karang Jaya Kabupaten Musi Rawas Utara yaitu kebanyakan tingkatan internalisasinya masih sampai pada fase responding dan valuing, belum mencapai pada fase karakteristik nilai, dimana nilai-nilai relegius tersebut belum sampai kepada tahap pemilikan nilai yang menyatu dalam kepribadian siswa atau belum sampai pada taraf karakterisasi atau mewatak, meskipun ada beberapa yang sudah terbiasa mengamalkan nilai-nilai relegius tersebut atau sudah menjadi karakter.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Internalisasi dan Nilai-Nilai Relegius
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 22 Sep 2021 01:54
Last Modified: 22 Sep 2021 01:54
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6924

Actions (login required)

View Item View Item