FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS III SDN 156 SELUMA

Fatmawati, Trisna (2021) FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS III SDN 156 SELUMA. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno.

[img]
Preview
Text
BAB I-V.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan medsekripsikan faktor penyebab rendahnya motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran matematika di kelas III SD Negeri 156 Seluma. Metode penelitian yang dilakukan yaitu penelitian lapangan (Field Research) adalah penelitian dengan menggunakan informasi yang diperoleh dari sasaran penelitian. Selanjutnya disebut informan atau responden melalui instrumen pengumpulan data seperti observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan penelitian ini berjumlah 15 orang, yang terdiri dari kepala sekolah wali kelas III B, dan 13 orang siswa kelas III B. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Faktor penyebab rendahnya motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran matematika di kelas III B: Pertama kemampuan siswa, keinginan seorang anak perlu dibarengi dengan kemampuan untuk mencapainya, karena kemampuan akan memperkuat motivasi anak untuk melaksanakan tugas-tugas perkembangannya; Kedua kondisi lingkungan siswa, siswa dapat terpengaruh oleh lingkungan sekitar, oleh karena itu kondisi lingkungan sekolah yang sehat, kerukunan, dan ketertiban pergaulan perlu di pertinggi mutunya agar semangat dan motivasi belajar siswa mudah diperkuat.; Ketiga guru sebagai pembina siswa dalam belajar, Sebagai pendidik, guru memutuskan perhatian pada keperibadian siswa, khususnya berkenaan dengan kebangkitan belajar. Upaya yang dilakukan pihak sekolah dan guru kelas III.B untuk meningkatkan motivasi belajar siswa adalah dengan: melakukan pelatihan, mengadakan sumber belajar, mempersiapkan media pembelajaran yang terbaru sesuai dengan pembelajaran matematika. Kemudian dari pihak guru sendiri adalah dengan melakukan kegiatan pembelajaran dengan media yang nyata, seperti media pemanfaatan lingkungan sekitar dan metode pembelajaran yang sesuai dengan materi yang disampaikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Faktor Penyebab Rendahnya motivasi Belajar Pada pembelajaran Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: yuli astria ria
Date Deposited: 22 Sep 2021 02:09
Last Modified: 22 Sep 2021 02:09
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6931

Actions (login required)

View Item View Item