UPAYA GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA KELAS V PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MI PLUS JA-ALHAQ KOTA BENGKULU

Gustiana, Elva (2021) UPAYA GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA KELAS V PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MI PLUS JA-ALHAQ KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno.

[img]
Preview
Text
skripsi ELVA BAB 1-5 2021.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ni membahas upaya guru dalam membentuk karakter disiplin siswa kelas V pada masa pandemi Covid-19 di MI Plus Jâ-alHaq Kota Bengkulu. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya membentuk karakter disiplin, dikarenakan melihat dari penyimpangan-penyimpangan yang jauh dari karakter mulia. Karakter merupakan fondasi awak untuk menanamkan kepada peserta didikagar menjadi generasi yang berakhlak mulia. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan:” Bagaimana Upaya Guru dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa di MI Plus Jâ-alHaq Kota Bengkulu”. Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di MI Plus Jâ-alHaq Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatifyang deskripstif. Yaitu data yang diperoleh seperti hasil dokumentasi, hasil wawancara, dan observasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa Upaya guru dalam membentuk karakter disiplin siswa kelas V pada masa pandemi Covid-19 di MI Plus Jâ-alHaq Kota Bengkulu yaitu dengan cara berkomunikasi via buku tahasus siswa, sholat via wa(whatshap), mengaji via vedio call atau zoom metting, penanaman karakter atau pengembangan diri dicatat dibuku tahasus siswa, dan memberikan motivasi dan nilai karakter islami melalui nasehat sebelum memulai pelajaran. Seperti bedo’a, sholat, hapalan, dan mengaji. Dengan menggunakan metode pembiasaan, keteladanan, cerita dan simulasi. Hasil dari penelitian ini ditunjukkan dengan perubahan sikap dan perilaku peserta didik kearah yang lebih baik dengan mencerminkan kebiasaan mematuhi peraturan-peraturan yang ada di Madrasah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru, Karakter, Covid-19
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: yuli astria ria
Date Deposited: 22 Sep 2021 02:18
Last Modified: 22 Sep 2021 02:18
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6935

Actions (login required)

View Item View Item