Hartono, Reto (2021) INTERLINGUAL AND INTRALINGUAL PROBLEMS IN STUDENTS’ WRITING PARAGRAPH (An Analysis at the Tenth Grade Students of SMAN 5 Seluma in Academic Year 2018/2019). Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno.
|
Text
THESIS RETO HARTONO 2.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menyelidiki jenis masalah interlingual dan intralingual pada penulisan paragraph siswa dan mengetahui penyebab terjadinya masalah tersebut pada siswa kelas sepuluh SMAN 5 Seluma tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas sepuluh SMAN 5 Seluma tahun ajaran 2018/2019 yang terdiridari 14 siswa. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi dengan pendekatan kualitatif dengan menggunakan beberapa instrument, yaitu: tesmenulis paragraph, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas sepuluh SMAN 5 Seluma memiliki masalah dalam menulis paragraph MA salah intralingual), yaitu: Masalah Tata Bahasa: preposisi, artikel, tenses, bentuk kata kerja, dan susunan kalimat (SPOK); masalah leksikal: pemilihan kata (diksi); Sintaksis: run-on dan fragmen; Mekanik: tanda baca, ejaan, dan masalah penggunaan huruf. Penyebab masalah yang di hadapi siswa tersebut adalah kurangnya pengetahuan, negative transfer, penerjemahan secara literal, konsep yang salah, dan jeneralisasi yang berlebihan (masalah interlingual). Masalah intralingual dan interlingual saling berkaitan sehingga menghasilkan masalah pada penulisan paragraf siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Masalah Interlingual & Intralingual, Menulis Paragraf. |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Inggris |
Depositing User: | yuli astria ria |
Date Deposited: | 22 Sep 2021 02:32 |
Last Modified: | 22 Sep 2021 02:32 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6938 |
Actions (login required)
View Item |