Aryanti, Aika Putri (2021) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL BERBASIS YOUTUBE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN DI RUMAH QUR’AN DAARUL ILMI KECAMATAN SELEBAR KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno.
|
Text
skripsi aika putri aryanti.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Proses menghafal dengan menggunakan media audio visual adalah perantara untuk memudahkan peserta didik menghafal. Bukan hanya dengan bacaan gurunya saja di kelas, akan tetapi peserta didik bisa mengulang-ulang ayat dengan menggunakan media audio visual. Pemanfaatan media audio visual sangat mempermudah dalam menghafal ayat Al-Qur‟an sehingga dibuat menjadi lebih menarik dan bermakna. Selain itu juga media audio visual mampu melatih fokus anak didik dalam menyimak. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbandingan penggunaan media audio visual berbasis youtube dan tidak menggunakan media dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur‟an di Rumah Qur‟an Daarul Ilmi, Sukarami Kota Bengkulu. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan Penelitian dengan pendekatan kuantitatif menekankan analisisnya pada data Angka. Media Audio Visual berbasis youtube memberikan peningkatan dalam menghafal Al-Qur‟an. berdasarkan hasil tes sesudah diberikan perlakuan (Posttets) dalam menghafal Al-Qur‟an juz 30 pada surat-surat pendek (Al-Qadr & Albayyinah), dapat disimpulkan terdapat pengaruh penggunaan media audio visual youtube dalam mengahafalnya pada 10 orang anak pada hasil postest berada di presentase 87%. Jika berada pada tabel klasifikasi berada pada presentase Sangat Baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Menghafal Al-Qur’an, Audio Visual, Youtube |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | yuli astria ria |
Date Deposited: | 22 Sep 2021 02:59 |
Last Modified: | 22 Sep 2021 02:59 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6944 |
Actions (login required)
View Item |