UPAYA GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL HADITS SISWA DI SD NEGERI 52 KOTA BENGKULU PADA MASA PANDEMI COVID-19 SKRIPSI

Apliza, Ceny (2021) UPAYA GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL HADITS SISWA DI SD NEGERI 52 KOTA BENGKULU PADA MASA PANDEMI COVID-19 SKRIPSI. Diploma thesis, UIN FAS Bengkulu.

[img]
Preview
Text
file skripsi ceny.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Upaya Guru PAI Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Hadits Siswa kelas V di SD Negeri 52 Kota Bengklu Pada Masa Pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskripsi kualitatif, dengan jenis penelitian lapangan (fied research). Teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analsis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, data display, kesimpulan/verifikasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasu yaitu, triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi aktu. Hasil penelitian ini yaitu (1) upaya yang dilakukan guru PAI dalam meningkatkan kemampuan menghafal hadits siswa di SD Negeri 52 Kota Bengkulu pada masa pandemi Covid-19 yaitu: a) Menggunakan Metode Bin�Nadzar Yaitu membaca dengan cermat Hadits yang akan dihafal dengan melihat secara berulang-ulang. b) Menggunakan Metode Tahfidz, yaitu menghafal sedikit demi sedikit hadits yang yang telah dibaca berulang-ulang secara bin-nazhar tersebut. c) Mengunakan Metode Talaqqi Yaitu menyetorkan atau mendengarkan hafalan yang baru dihafal kepada seorang guru, d) Pemberian Hukuman dan Pemberian Hadiah. Pemberian hukuman yang diberikan oleh guru PAI di SD Negeri 52 Kota Bengkulu berupa pemberian hukuman yang mendidik, Sedangkan untuk pemberian hadiah yaitu berupa sebuah pujian, ucupan selamat dari guru dan siswa yang lain serta juga diberikan hadiah berupa buku atau pena dari pihak sekolah untuk yang sudah memenuhi target hafalan yaitu 40 hadits, e) Guru Berperan Sebagai Motivator. Dalam menghafal hadits guru PAI juga berperan sebagai motivator yaitu seorang guru PAI harus menumbuhkan motivasi siswa untuk belajar terutama dalam menghafal hadits.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru PAI, Kemampuan Menghafal Hadit
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: furqon adli
Date Deposited: 22 Sep 2021 03:17
Last Modified: 22 Sep 2021 03:17
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6947

Actions (login required)

View Item View Item