Ermawati, Rita (2021) HUBUNGAN INTERAKSI SOSIAL DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV DI SDN 06 TEBAT KARAI KABUPATEN KEPAHIANG. Diploma thesis, UIN FAS Bengkulu.
|
Text
SKRIPSI RITA ERMAWATI.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Interaksi sosial adalah hubungan antara individu satu dengan individu yang lain, individu yang satu dapat dipengaruhi timbal balik. Kemampuan berinteraksi sosial sebagai suatu yang harus dimiliki manusia sebagai mahluk sosial yang senantiasa berhubungan timbal balik. Semakin tinggi interaksi sosial siswa maka semakin tinggi pula hasil belajar IPS kalas IV. Teknik analisis data data yang digunakan yaitu analisis statistic deskriptif. Pengujian hipotesis menggunakan analisis kolerasional dengan rumusan product moment berbantuan Exsel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubunan yang signitifkan interaksi sosial dengan hasil belajar, yang ditunjukkan dengan r hitung sebesar 2,12 sedangkan dengan r table dengan jumlah N= 30 pada taraf kesalahan 5% adalah 2, 78, sehingga rhitung > r table (2,12 > 2,78). Simpulan dari penelitian adalah ada hubungan signitifkan interaksi sosial dengan hasil belajar ips siswa kelas IV SDN 06 Tebat Karai Kabupaten Kepahiang. Kegiatan siswa dengan melibatkan siswa berperan aktif dalam kelompok, dan bagi peneliti yang ingin meneliti interaksi sosial, penelitian dapat dijadikan acuan atau referensi untuk membantu dalam melakukan penelitian. Selain itu diharapkan peneliti laian dapat menjadi penelitian ini dengan membahas interaksi sosial dikaitkan dengan faktor lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Interaksi Sosial Siswa,Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | furqon adli |
Date Deposited: | 22 Sep 2021 03:24 |
Last Modified: | 22 Sep 2021 03:24 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6956 |
Actions (login required)
View Item |