KEEFEKTIFAN E-LEARNING PADA PROSES PEMBELAJARAN ANAK MASA PANDEMI COVID-19 DI KAWASAN TELAGA DEWA 5 RT 15 RW 03 KECAMATAN SELEBAR KOTA BENGKULU

Yanti, Noprida (2021) KEEFEKTIFAN E-LEARNING PADA PROSES PEMBELAJARAN ANAK MASA PANDEMI COVID-19 DI KAWASAN TELAGA DEWA 5 RT 15 RW 03 KECAMATAN SELEBAR KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN FAS Bengkulu.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NOPRIDA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya perubahan pada proses pembelajaran yang mulai di terapkan oleh pemerintah setelah pandemi covid-19 terjadi. Adapun perubahan pada proses pembelajaran yang dimaksud adalah pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran daring dengan menggunakan e�learning. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif berbentuk studi lapangan. Adapun subyek dalam penelitian ini yaitu guru dan orang tua/wali murid di kawasan Telaga Dewa 5 RT 15 RW 03 Kecamatan Selebar Kota Bengkulu. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran online berbasis e-learning dalam proses pembelajaran dan untuk mengetahui kendala yang dihadapi saat penggunaan media pembelajaran serta upaya guru dalam mengatasi kendala media pembelajaran online berbasis E-learning terhadap proses pembelajaran anak dalam masa pandemi covid-19. Adapun metode penelitian yang di gunakan dalam penelitan ini yaitu metode wawancara, metode observasi, dan metode dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pembelajaran daring dengan menggunakan e-learning dalam proses pembelajaran anak kurang efektif. 2) Kendala saat penggunaan media pembelajaran online berbasis e-learning diantaranya yaitu tidak memiliki handphone untuk mengikuti pembelajaran daring, tidak memiliki paket data, sinyal atau jaringan yang kurang stabil, pendidik kurang menguasai IT. 3) Upaya yang dapat guru berikan kepada peserta didik yaitu memberikan tugas dalam bentuk print out, memberikan keringan waktu anak dalam mengumpulkan tugas dan mengarahkan anak untuk bergabung dengan teman atau tengga dekat rumahnya serta memberikan waktu tambahan atau menunda pembelajaran yang kemudian digantikan pada waktu dan hari yang lain. Dari hasil di atas dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran daring dengan menggunakan e-learning kurang efektif digunakan dalam proses pembelajaran daring.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Proses Pembelajaran Daring, Keefektifan E-Learning.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: furqon adli
Date Deposited: 22 Sep 2021 03:29
Last Modified: 22 Sep 2021 03:29
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6959

Actions (login required)

View Item View Item