Cahyadi, Wahyu (2021) PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS METODE MATEMATIKA NALARIA REALISTIK TERINTERNALISASI NILAI-NILAI KEISLAMAN PADA MATERI BILANGAN. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno.
|
Text
skripsi wahyu cahyadi (1711280012).pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika yaitu Modul Matematika Berbasis Metode Matematika Nalaria Realistik Terinternalisasi Nilai-nilai Keislaman Pada Materi Bilangan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Modul Matematika Berbasis Metode Matematika Nalaria Realistik Terinternalisasi Nilai-nilai Keislaman Pada Materi Bilangan yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development). Model pengembangan modul yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Matematika Nalaria Realistik Terinternalisasi Nilai-nilai Keislaman Pada Materi Bilangan. Model penelitian yang peneli gunakan adalah model Plomp dan model Plomp memiliki 3 (tiga) fase, yaitu fase investigasi awal (Preliminary), fase pengembangan atau pembuatan prototype (Development or Prototyping Phase), fase penilaian (Assessment Phase). Kualitas kevalidan modul memenuhi kriteria sangat valid berdasarkan penilaian oleh empat orang validator, yaitu dua orang ahli materi, satu orang ahli media, dan satu orang ahli internalisasi Islam. Dari rata-rata hasil validasi dari empat validator tersebut memperoleh hasil rata-rata 97,5%. Kualitas Kepraktisan modul juga memenuhi kriteria sangat praktis berdasarkan penilaian seorang guru matematika dan sepuluh orang peserta didik. Dari seorang guru matematika memperoleh hasil rata-rata 90,38%. Sedangkan penilaian dari sepuluh orang peserta didik memperoleh hasil rata-rata 84,458%. Namun pada penelitian ini, peneliti hanya mengimplementasikan secara terbatas yaitu modul sampai kelayakan valid dan praktis saja pada dikarenakan keterbatasan waktu dan virus yang mewabah pada saat ini. Maka peneliti mengharapkan adanya penelitian selanjutnya yaitu efektifitas supaya peserta didik termotivasi untuk belajar matematika.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bilangan, Internalisasi, MNR, Modul. |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | yuli astria ria |
Date Deposited: | 22 Sep 2021 03:56 |
Last Modified: | 22 Sep 2021 03:56 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6974 |
Actions (login required)
View Item |