EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INTRODUCTION, CONNECTION, APPLICATION, REFLECTION, AND EXTENSION (ICARE) TERHADAP KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI DAN KOLABORASI SISWA DI MI PLUS NUR RAHMA KOTA BENGKULU

Oktavia, Lusi (2021) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INTRODUCTION, CONNECTION, APPLICATION, REFLECTION, AND EXTENSION (ICARE) TERHADAP KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI DAN KOLABORASI SISWA DI MI PLUS NUR RAHMA KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN FAS BENGKULU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Lusi Oktavia full.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Lusi Oktavia, (171240033). Judul skripsi: “Efektivitas Model Pembelajaran Introduction, Conection, Application, Reflection, And Extension (ICARE) Terhadap Kemampuan Berkomunikasi dan Kolaborasi Siswa di MI Plus Nur Rahma Kota Bengkulu”. Skripsi : Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Tadris, IAIN Bengkulu. Pembimbing: 1. Dr. Nurlaili, M.Pd.I , 2. Ahmad Walid, M.Pd. Kata kunci: Model Pembelajaran ICARE, Kemampuan Berkomunikasi, Kemampuan Berkolaborasi Siswa Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar efektivitas model pembelajaran ICARE terhadap kemampuan berkomunikasi dan kolaborasi siswa di MI Plus Nur Rahma Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasi Eksperimen Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Observasi, Tes dan Dokumentasi. Teknis analisi data menggunakan Data kemampuan berkomunikasi dan kolaborasi siswa dianalisis secara deskriptif dengan melihat presentase lembar observasi siswa. Menurut Sudijono Anas dapat dihitung dengan teknik analisis deskriptif presentase. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan di MI Plus Nur Rahma Kota Bengkulu, maka dapat ditarik kesimpulannya bahwa model pembelajaran ICARE efektif terhadap kemampuan berkomunikasi dan kolaborasi siswa di MI Plus Nur Rahma Kota Bengkulu. Hal ini berdasarkan hasil perhitungan rata-rata kemampuan berkomunikasi antar siswa sebesar 43% pada kelas kontrol dan meningkat pada kelas eksperimen sebesar 74%. Dan untuk kemampuan kolaborasi antar siswa sebesar 41% pada kelas kontrol dan meningkat pada kelas eksperimen sebesar 70%

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran ICARE, Kemampuan Berkomunikasi, Kemampuan Berkolaborasi Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 22 Sep 2021 03:59
Last Modified: 22 Sep 2021 03:59
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6975

Actions (login required)

View Item View Item