IMPLEMENTASI METODE GALLERY WALK DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII SMP NEGERI 6 KOTA BENGKULU

Mardhiyah, Hasanatun Nisaai (2021) IMPLEMENTASI METODE GALLERY WALK DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII SMP NEGERI 6 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI HASANAH.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi Proses pembelajaran di kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Bengkulu, metode yang digunakan yaitu guru mengajar dengan cara menjelaskan di depan kelas, kemudian sesekali bertanya kepada siswa tentang pelajaran yang sudah dijelaskan oleh guru. Setelah selesai mejelaskan pelajaran, guru memberikan tugas kepada siswa yang ada di buku cetak. Padahal dalam pembelajaran membutuhkan metode sehingga dapat menambah daya tarik siswa dalam belajar terutama Metode Gallery Walk. Tujuan dalam penelitia ini adalah untuk mengetahui implementasi metode Gallery Walk dalam meningkatkan keterampilan belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Bengkulu. Dalam penelitian ini jenis peneliti yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Penelitian mendalam mencakup keseluruhan yang terjadi dilapangan, dengan tujuan untuk mempelajari secara mendalam tentang latar belakang keadaan sekarang. Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa Impelemntasi metode Gallery Walk dalam meningkatkan keterampilan belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Bengkulu berhasil digunakan terutama pada materi bab puasa. Metode ini sangat berpengaruh pada proses pembelajaran siswa dikelas karena metode ini termasuk metode yang jarang digunakan sehingga ada hal baru yang dapat diterima oleh siswa dan pembelajaran menjadi menyenangkan serta tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan efisien dan efektif. Metode Gallery Walk ini dapat membantu siswa dalam mengolah materi yang sudah diberikan oleh guru dan dapat membuat siswa menjadi lebih paham. Sehingga dapat menambah keterampilan belajar siswa. Awalnya siswa hanya mempunyai keterampilan seperti membaca, menulis, mendengarkan, dan mencatat, dengan adanya metode gallery walk siswa mempunyai peningkatan dalam keterampilan belajarnya. Seperti berbiacara di depan kelas, mengemukakan pendapatnya, konsentrasi lebih fokus, bisa kerja sama dengan baik dalam kelompok, mencatat hal-hal yang penting dalam materi tesebut. Terbuki dari hasil ulangan harian peserta didik kelas VIII sebelum menggunakan metode gallery walk yaitu dari hasil nilai dibawah rata-rata KKM 57,60,65,67. Lalu setelah menggunakan metode gallery walk nilai ulangan harian mereka meningkat yaitu diatas nilai KKM menjadi 79,80,85,90, 98,99.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Metode Gallery Walk, Keterampilan Belajar, PAI
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: furqon adli
Date Deposited: 22 Sep 2021 04:00
Last Modified: 22 Sep 2021 04:00
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6976

Actions (login required)

View Item View Item