PENINGKATAN KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN KARANG WARU KECAMATAN RUPIT KABUPATEN MUSI RAWAS UTARA

Kurniati, Anita (2021) PENINGKATAN KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN KARANG WARU KECAMATAN RUPIT KABUPATEN MUSI RAWAS UTARA. Masters thesis, UIN FAS Bengkulu.

[img]
Preview
Text
TESIS ANITA KURNIATI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menjelaskan tentang peran kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru Pendidikan Agama Islam di SDN Karang Waru Kecamatan Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara dan faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kompetensi guru di SDN Karang Waru Kecamatan Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif yang menjadi subjek penelitian guru Pendidikan Agama Islam, kepala sekolah dan guru yang ada di SDN Karang Waru Kecamatan Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi, setelah data didapat kemudian dilakukan pemeriksaan keabsahan data dengan cara berusaha membandingkan informasi yang dikatakan oleh informan dan data hasil pengamatan dengan hasil wawancara, selanjutnya data tersebut dianalisis secara deduktif. Dari hasil penelitian didapati bahwa 1) Kepala SDN Karang Waru Kecamatan Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara telah menunjukkan fungsi dan perannya secara nyata dalam upaya meningkatkan kompetensi guru Pendidikan Agama Islam, seperti peningkatan kemampuan membuat rencana program pembelajaran, mengoptimalisasi media dan sarana pendidikan, melaksanakan supervise secata rutin, memberikan bimbingan, motivasi dan apresiasi kepada guru-guru serta mengikutsertakan para guru dalam berbagai pelatihan, worksop MGMP, KKG, UKG serta PLPG dan sebagainya yang diharapkan dapat menempatkan kedudukan sebagai tenaga guru Pendidikan Agama Islam yang profesional, sesuai dengan tuntutan masyarakat yang semakin berkembang. 2) Faktor pendukung kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru Pendidikan Agama Islam adalah kerjasama antar sesama guru dan kepala sekolah, dan kedisiplinan karena penerapan disiplin ditanamkan mulai dini oleh kepala sekolah kepada semua warga sekolah, baik kepala sekolah sendiri, guru, murid, serta semua staf, sedangkan faktor penghambat adalah masalah dari segi sarana prasarana yang kurang menunjang dan segi peserta didik yang kurang mendapat perhatian dari orang tua sehingga ketika di sekolah peserta didik tersebut lambat dalam mengikuti.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Guru
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: PASCASARJANA > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: furqon adli
Date Deposited: 22 Sep 2021 04:22
Last Modified: 22 Sep 2021 04:22
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6983

Actions (login required)

View Item View Item