Septian, M. Hendri (2021) KREATIVITAS GURU AL-QURAN HADIST DALAM MENGKOMBINASIKAN METODE GUNA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AYAT AL-QURAN SISWA DI MA SUKA NEGERI BENGKULU SELATAN. Masters thesis, UIN FAS Bengkulu.
|
Text
CD Tesis M. Hendri Septian.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari proses pelaksanaan pembelajaran menghafal ayat Al-Qur’an dengan menggunakan serta memvariasikan berbagai bentuk metode serta media pembelajaran. Metode penelitian yang dipakai peneliti adalah metode kualitatif, yang menjadi responden penelitian ini adalah guru Al�Qur’an Hadis dan siswa di Madrasah Aliyah Suka Negeri Bengkulu Selatan. Bertujuan untuk mengetahui kreativitas guru Al-Qur’an Hadist dalam mengkombinasikan metode guna meningkatkan kemampuan menghafal Ayat Al�Quran siswa di Madrasah Aliyah Suka Negeri Bengkulu Selatan. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Temuan penelitian dalam tesis ini adalah : (1) Kreativitas Guru Al�Qur-an Hadis dalam mengkombinasi metode pada proses pembelajaran Al-Qur’an Hadis di Madrasah Aliyah Suka Negeri Bengkulu Selatan, yaitu : Pertama, Meningkatkan kreativitas guru; Kedua, Melakukan kombinasi metode, Ketiga, Meningkatkan kemampuan menghafal; Keempat Menerapkan kedisiplinan siswa; Kelima; Meningkatkan kualitas menghafal Keenam; Mengembangkan siswa cinta al-qur’an; Ketujuh, Peningkatan kualitas sarana dan prasarana yang mendukung. (2) Kreativitas Guru Al-Qur’an Hadis dalam meningkatkan kemampuan menghafal Ayat Al-Qur’an di Madrasah Aliyah Suka Negeri Bengkulu Selatan, yaitu pertama, dengan cara meningkatkan kemampuan menghafal siswa; kedua, Kreatif dalam mengombinasi metode menghafal; ketiga, Pelaksanaan menghafal kondusif; Keempat, Penerapan disiplin ketat. (3)Kendala yang menjadi hambatan guru Al-Qur’an Hadis dalam mengkombinasi metode guna meningkatkan kemampuan menghafal ayat Al-Qur’an siswa si Madrasah Aliyah Suka Negeri Bengkulu Selatan, yaitu: Pertama, Guru Al-qur’an hadis keterbatasan media sarana dan prasarana yang mendukung dalam melaksanakan pembelajaran; kedua, pesera didik kurang disiplin dalam menghafal; ketiga, perbedaan daya hafal Apa yang ada di dalam diri siswa dapat menjadi penghalang bagi bagian-bagian siswa tersebut, yang pada akhirnya dapat menjadi penghambat untuk belajar. al-qur’an hadis, Keempat, kurangnya kesadaraan orang tua dalam memotivasi anaknya dalam membaca, menghafal dan cinta Al-Qur’an.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kreatifitas, Guru Al-Qur’an Hadis |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | PASCASARJANA > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | furqon adli |
Date Deposited: | 22 Sep 2021 07:31 |
Last Modified: | 22 Sep 2021 07:31 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7000 |
Actions (login required)
View Item |