PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PETA DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI SDN 61 BENGKULU TENGAH

Umami, Yulia (2021) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PETA DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI SDN 61 BENGKULU TENGAH. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI YULIA UMAMI (PGMI).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah terdapat pengaruh penggunaan media peta dalam peningkatan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPS di SDN 61 Bengkulu Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media peta dalam peningkatan hasil belajar kognitif siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS di SDN 61 Bengkulu Tengah, dalam penelitian ini terdiri satu kelas. Peneliti mengambil kelas IV untuk dijadikan sampel penelitian yang berjumlah 20 orang siswa yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan teknik purposive sampling, dimana teknik pengumpulan sampel dengan pertimbangan tertentu. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian pre experimental design, sedangkan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu eksperimen semu (Quasi Experimen Design). Adapun yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, dan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, soal tes, dan dokumentasi. Analisis pengujian data dengan menggunakan uji t, dapat diketahui melalui uji normalitas yang dilakukan sebelumnya dengan nilai signifikansi 0,200 > 0,05 dan dinyatakan bahwa data berdistribusi normal. Selanjutnya dengan melakukan uji t bahwa hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPS saat posttest, pada kelompok kontrol nilai rata-ratanya sebesar 58 dan nilai rata-rata kelompok eksperimen sebesar 71. Dengan kesimpulan secara deskriptif bahwa adanya perbedaan hasil belajar siswa. Berdasarkan uji hipotesis, didapatkan nilai signifikansinya 0,010 < 0,05 dan > yaitu ( 2,867 > 1,724 ). Maka hipotesiskerja(Ha)dalam penelitianiniditerima, yang artinya adanya pengaruh penggunaan media peta terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPS di SDN 61 Bengkulu Tengah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Media Peta, Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran IPS
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: yuli astria ria
Date Deposited: 22 Sep 2021 07:35
Last Modified: 22 Sep 2021 07:35
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7003

Actions (login required)

View Item View Item