PENGARUH PENDEKATAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SECARA RASIONAL EMOTIF TERHADAP KENAKALAN DAN KETAATAN BERAGAMA SISWA DI SMA NEGERI 8 LUBUKLINGGAU

Susilawati, - (2021) PENGARUH PENDEKATAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SECARA RASIONAL EMOTIF TERHADAP KENAKALAN DAN KETAATAN BERAGAMA SISWA DI SMA NEGERI 8 LUBUKLINGGAU. Other thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
FULL TESIS SUSILAWATI_PAI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pendekatan guru Pendidikan Agama Islam secara rasional emotif terhadap kenakalan siswa di SMA Negeri 8 Lubuklinggau, 2) untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pendekatan guru Pendidikan Agama Islam secara rasional emotif terhadap ketaatan beragama siswa di SMA Negeri 8 Lubuklinggau, dan 3) untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pendekatan guru Pendidikan Agama Islam secara rasional emotif terhadap kenakalan dan ketaatan beragama siswa di SMA Negeri 8 Lubuklinggau. Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan metode survei. Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan angket. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 8 Lubuklinggau dengan sampel penelitian yang diambil dengan teknik Simple Random Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh pendekatan guru pendidikan agama islam secara rasional emotif (X) terhadap kenakalan siswa (Y1) di SMA Negeri 8 Lubuklinggau. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis regresi data pada variabel X dengan variabel Y1 diperoleh nilai thitung 4,929>ttabel 2,069 dengan koefisien determinasi r2= 0,514089 yakni memberikan kontribusi sebesar 51,41% terhadap kenakalan siswa, 2) Terdapat pengaruh pendekatan guru pendidikan agama islam secara rasional emotif (X) terhadap ketaatan beragama siswa (Y2) di SMA Negeri 8 Lubuklinggau. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis regresi data pada variabel X dengan variabel Y2 diperoleh nilai thitung 4,094>ttabel 2,069 dengan koefisien determinasi r2 =0,421701 yakni memberikan kontribusi sebesar 42,2% terhadap ketaatan beragama siswa, dan 3) Terdapat pengaruh pendekatan guru pendidikan agama islam secara rasional emotif (X) terhadap kenakalan (Y1) dan ketaatan beragama siswa (Y2) di SMA Negeri 8 Lubuklinggau. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis regresi data pada variabel X dengan variabel Y1Y2 diperoleh nilai thitung 5,410>ttabel 2,069 dengan koefisien determinasi r2 = 0,378225 yakni memberikan kontribusi sebesar 37,9% terhadap kenakalan (Y1) dan ketaatan beragama siswa (Y2). Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada pendekatan guru pendidikan agama islam secara rasional emotif terhadap kenakalan dan ketaatan beragama siswa di SMA Negeri 8 Lubuklinggau. Kata Kunci: Pendekatan Rasional Emotif, Kenakalan Siswa, Ketaatan Beragama Siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 22 Sep 2021 07:37
Last Modified: 22 Sep 2021 07:37
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7006

Actions (login required)

View Item View Item