PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN UNTUK MENGUKUR BERPIKIR KRITIS PADA MATERI TEKANAN ZAT UNTUK SISWA SMP

Putra, Irvan Ardiansyah (2021) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN UNTUK MENGUKUR BERPIKIR KRITIS PADA MATERI TEKANAN ZAT UNTUK SISWA SMP. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI IRVAN ARDIANSYAH PUTRA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Instrumen yang dapat melatih dan membiasakan siswa dalam berpikir kritis, sehingga siswa terbiasa untuk berlatih berpikir kritis dalam memecahkan masalah. Instrumen penilaian harus dapat mengukur kemampuan siswa secara objektif dan dapat digunakan sebagai alat evaluasi dimana siswa dapat mengetahui batas kemampuannya. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi di SMPN 8 Kota Bengkulu menunjukan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa di SMPN 8 Kota Bengkulu masih dikategorikan rendah. Salah satu faktornya yaitu penyusunan soal berpikir kritis yang disusun oleh guru masih kurang maksimal. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah Borg & Gall yang diadaptasi oleh Sugiyono yang meliputi: potensi dan masalah, pengumpulan informasi, pengembangan produk awal, validasi ahli, revisi ahli, uji coba produk, revisi produk, dan produk akhir. Tujuan dari penelitian pengembangan ini yaitu mengembangkan instrumen penilaian untuk mengukur kemampuan berpikir kritis pada materi tekanan zat untuk siswa SMP. Instrumen yang dibuat terdiri dari 20 butir soal berbentuk pilihan ganda yang mengukur kemampuan berpikir kritis siswa yang disusun menggunakan indikator berpikir kritis seperti interprestasi, analisis, inferensi, dan evaluasi. Data hasil validasi ahli instrumen, ahli materi, dan ahli bahasa sebesar 88,6%, 83,8%, dan 94,4% dengan pencapaian kriteria sangat layak digunakan, sedangkan data hasil analisis angket respon peserta didik dan pendidik sebesar 89,06%, 84,5% dengan kategori sangat layak. Hasil analisis validasi dari 20 soal terdapat 5 soal tidak valid, dengan nilai r11 = 0,740 soal dikatakan reliabel. Daya pembeda dari 20 soal terdapat 1 soal jelek sekali, 4 soal jelek, 8 soal cukup, 7 soal baik, dan 1 soal baik sekali, yang terdiri dari 14 soal mudah dan 6 soal sedang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Instrumen, Berpikir Kritis, Kelayakan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: yuli astria ria
Date Deposited: 22 Sep 2021 07:43
Last Modified: 22 Sep 2021 07:43
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7012

Actions (login required)

View Item View Item