PENGEMBANGAN ASSESMEN PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENGUKUR SCIENCE PROCESS SKILL SISWA KELAS VIII DI SMP 15 KOTA BENGKULU PADA MATERI TEKANAN ZAT

Anggreany, Ririn A (2021) PENGEMBANGAN ASSESMEN PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENGUKUR SCIENCE PROCESS SKILL SISWA KELAS VIII DI SMP 15 KOTA BENGKULU PADA MATERI TEKANAN ZAT. Diploma thesis, UIN FAS BENGKULU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI RIRIN ANGGREANY.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Assesmen merupakan sebagai proses untuk mendapatkan informasi data karakteristik peserta didik. Dalam evaluasi pendidikan, assesmen berarti proses pengumpulan berbagai informasi dan data pembelajaran yang dapat digunakan sebagai dasar untuk menetapkan keputusan profesional tentang progran dan pelaksanaan pembelajaran serta memberikan balikan terhadap perkembangan siswa. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan menunjukan bahwa kenyataan dilapangan bahwa disekolah tersebut dalam proses pembelajarannya sudah menerapkan namun belum spenuhnya mereka gunakan. Untuk itu penelitian ini bertujuan mengembangkan assesmen untuk mengukur science process skill dan untuk mengetahui kelayakan pengembangan assemen tersebut. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah 4-D dari Thiagarajan dengan 4 tahapan yang terdiri dari define, design, develop,disseminate. Hasil pengembangan assesmen untuk mengukur science process skill pada mata pelajaran IPA SMP kelas VIII diperoleh dari validasi ahli assesmen 73,3% , ahli materi 89,28% ahli bahasa 89,28%. Pada uji coba skala kecil dilakukan pada siswa kelas VIII A sebanyak 15 orang siswa. Sedangkan uji coba skala besar dilakukan dengan sampel satu kelas. Kelayakan assesmen IPA untuk mengukur science process skill siswa berdasarkan validator ahli hasilnya berkualifikasi layak serta berdasarkan validitas butir soal dinyatakan valid dan reliabel sehingga dapat digunakan untuk mengukur science process skill.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan assesmen , science process skill, tekanan zat
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 22 Sep 2021 07:53
Last Modified: 22 Sep 2021 07:53
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7020

Actions (login required)

View Item View Item