Hasanah Putri Siregar, Rezky (2021) KOMPARASI METODE PENDIDIKAN ISLAM DALAM PEMIKIRAN KH AHMAD DAHLANDAN IMAM AL-GHAZALI. Other thesis, UIN Bengkulu.
|
Text
skripsi Rezky Hasanah Putri Siregar.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan Islam sebagai sebuah sistem adalah suatu kegiatan yang di dalamnya terkandung aspek tujuan, kurikulum, guru, metode, pendekatan, sarana prasarana, lingkungan, adminstrasi, dan sebagainya yang antara satu dan lainnya saling berkaitan dan membentuk suatu sistem yang terpadu. Secara umum pendidikan Islam yakni sebagai usaha untuk membimbing dan mengembangkan potensi manusia secara optimal agar dapat digunakan dalam memerankan dirinya sebagai pengabdi Allah yang setia.Dalam proses pendidikan Islam, Pendekatan dan metode memiliki kedudukanyang sangat signifikan untukmencapaitujuan. Bahkan melalui pendekatan danmetode sebagai seni dapat mentransfer ilmupengetahuan/materi pelajaran kepada pesertadidik dianggaplebih signifikan dibandingdengan materi itu sendiri. Sebuah adigummengatakan bahwa ‘al-Thariqat AhammMin al-Maddah’ (metode jauh lebih pentingdibanding materi). Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian kepustakaan atau literatur (library Research), yaitu penelitian yang identik dengan kegiatan analisis teks atau wacana yang menyelididki suatu peristiwa, baik berupa perbuatan atau tulisan yang diteliti untuk mendapatkan fakta – fakta yang tepat (menemukan asal usul, sebab, penyebab sebenarnya, dan sebagainya). Tujuan penelitian agar mengetahui metode yang tepat untuk digunakan dalam pendidikan islam. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pemikiran KH Ahmad Dahlan dan Imam Al-Ghazali terletak pada cara atau metode pendidikan yang berbeda, namun tetap terdapat persamaan yaitu, berlandaskan Al-Qur’an dan Hadits.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Pendidikan Islam, KH. Ahmad Dahlan, Imam Al-Ghazali |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Syahril Syahril M.Ag |
Date Deposited: | 23 Sep 2021 02:13 |
Last Modified: | 23 Sep 2021 02:13 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7046 |
Actions (login required)
View Item |