PERAN KETELADANAN GURU PAI DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA SMP NEGERI 07 LUBUK LINGGAU

Amelia, Jessy (2021) PERAN KETELADANAN GURU PAI DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA SMP NEGERI 07 LUBUK LINGGAU. Masters thesis, UIN Fatmawati Sukarno.

[img]
Preview
Text
TESIS JESSY.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Keteladanan guru sangat berpengaruh dalam pertumbuhan dan perkembangan karakter religius siswa. Manusia merupakan makhluk yang suka mencontoh, termasuk siswa mencontoh pribadi gurunya dalam proses pembentukan karakter religius. Semua guru menunjukkan keteladanan yang baik. Dengan memberikan contoh yang baik dapat menunjang pembentukan karakter religius siswa seperti taat beragama, menunjukkan sikap sosial, empati dan simpati, menunjukkan sikap baik, menahan amarah dan selalu bersabar, tutur kata yang baik, menunjukkan sikap kasih sayang. Adapun masalah yang harus dipecahkan adalah bagaimana peran keteladanan guru dalam pembentukan karakter religius siswa, bagaimana pembiasaan siswa disekolah, faktor apa saja yang menjadi keteladanan guru dalam pembentukan karakter religius siswa SMPN 07 Lubuklinggau, Tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab segala permasalahan yang ada atas. Guna menemukan jawaban tersebut penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan sumber data observasi langsung, wawancara yang mendalam dan studi dokumen. Dan teknik analisis data diperoleh dari reduksi data, penyajian data dan verifikasi data dengan melakukan triangulasi data. Adapun yang menjadi informan adalah kepala sekolah, guru, staf pegawai, siswa dan orangtua. Adapun hasil penelitian ditemukan bahwa : Peran keteladanan guru PAI dalam membentuk karakter siswa secara umum sudah baik, guru PAI dan semua guru yang mengajar disekolah langsung memberikan keteladanan pada siswa berupa melaksanakan perintah Allah, puasa sunah, infaq setiap minggu, sholat dhuha, membaca al-quran, jujur, sopan santun, menghargai sesama tanggung jawab, disiplin, jujur dan melaksanakan tugas-tugas dan hormat pada guru sehingga menggambarkan sikap religiusnya. Adapun pembiasaan siswa di sekolah melalui program harian seperti: sholat dhuha, sholat dzuhur berjama’ah, infak jum’at. Program mingguan : Kultum jum’at, Ekskul rohis dan infak. Program tahunan : Peringatan Hari Besar Islam (PHBI), pesantren ramadhan, lomba antar siswa, lomba keagamaan, penyembelihan hewan qurban. Faktor pendukung dan penghambat dalam pembentukan karakter religius siswa terbagi dua yakni internal dan eksternal. Faktor internal yaitu semua warga sekolah mendukung sepenuhnya program-program keagamaan disekolah walaupun masih ada beberapa guru yang kurang berperan dalam memberikan keteladanan yang baik pada siswa. Faktor ekternal dalam pembentukan karakter religius siswa yaitu keluarga kurang memperhatikan sikap dan perilaku anaknya dan juga teman bermain. Lingkungan tempat tinggal dan pengaruh teknologi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Keteladanan Guru, Karakter Siswa, Pembentukan Karakter Religius Siswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: PASCASARJANA > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: yuli astria ria
Date Deposited: 23 Sep 2021 03:11
Last Modified: 23 Sep 2021 03:11
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7053

Actions (login required)

View Item View Item