REJUNG SEBAGAI MEDIA DAKWAH PADA MASYARAKAT KOTA PAGAR ALAM PROVINSI SUMATERA SELATAN (Studi Kasus Desa Tegur Wangi Lama dan Desa Pelang Kenidai)

Nopitasari, Elpa (2021) REJUNG SEBAGAI MEDIA DAKWAH PADA MASYARAKAT KOTA PAGAR ALAM PROVINSI SUMATERA SELATAN (Studi Kasus Desa Tegur Wangi Lama dan Desa Pelang Kenidai). Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno.

[img]
Preview
Text
Skripsi Elpa nopitasari.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang rejung sebagai media dakwah pada masyarakat kota Pagar Alam provinsi Sumatera Selatan (studi kasus desa Tegur Wangi Lama dan desa Pelang Kenidai). Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, menggunakan metode deskriftif. Pemilihan informan menggunakan metode ptosedur purposive dengan kriteria yang telah ditetapkan, Informan Penelitian bejumlah 8 orang. Pengumpulan data diperoleh dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis deskriftif kualitatif dengan mengumpulkan data dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi, mereduksi data, display data dan menginterprestasikan data serta menarik kesimpulan atau verifikasi. Keabsahan data ini peneliti menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian : 1. Pesan dakwah dalam ilmu komunikasi adalah message, yaitu simbol-simbol. Pada prinsipnya pesan apapun dapat dijadikan sebagai pesan dakwah selama tidak bertentangan dengan sumber utamanya, yaitu Al-Qur’an dan Hadis. Pesan dakwah pada garis besarnya yang utama yaitu Al-Qur’an dan Hadis yang meliputi ayat-ayat Al-Qur’an, Hadis Nabi Saw, pendapat para sahabat Nabi Saw, pendapat para ulama, hasil penelitian ilmiah, kisah dan pengalaman teladan, berita dan pristiwa, karya sastra dan karya seni. Dalam rejung pesan dakwahnya ialah mengajak bertauhid kejalan Allah SWT. dimana informan merasakan perubahan setelah mendengarkankan rejung, seperti merubah prilaku menjadi lebih baik, mendapatkan informasi yang bermanfaat, dan membuat kesadaran bahwa di dalam dunia ini akan saling membutuhkan bantuan dari orang lainnya. 2. Media dakwah yang merupakan unsur tambahan dalam kegiatan dakwah, media dakwah adalah peratan yang dipergunakan untuk menyampaikan materi dakwah. semakin tepat dan semakin efektif media yang dipakai semakin aktif pula pemahaman ajaran Islam pada masyarakat yang menjadi sasaran dakwah. Dakwah melalui rejung dimanfaatkan untuk berdakwah menuju kepada jalan kebenaran, Rejung juga sangat berperan dalam masyarakat karena nilai-nilai yang ada pada seni rejung mencakup nilai religius. 3. Sasaran dakwah adalah seorang mad’u ataupun kita sebut manusia yang menjadi penerima dalam berdakwah, baik itu individu ataupun sebagai kelompok baik manusia beragama Islam keseluruhannya yang dari sudut lain juga baik yang ada di bumi ini. Sasarannya ialah masyarakat umum dan dan anak-anak muda yang hidup di zaman kemajuan saat ini yang disampaikan melalui tembangan rejung secara lisan, mengajak ke jalan Allah Swt. dan berupaya menanamkan nilai-nilai Islam dalam seluruh dimensi kehidupan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Rejung, Media Dakwah, Masyarakat
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Ushuluddin Adab dan Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: yuli astria ria
Date Deposited: 23 Sep 2021 03:13
Last Modified: 23 Sep 2021 03:13
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7054

Actions (login required)

View Item View Item