PENGEMBANGAN MODUL IPA BERBASIS KEARIFAN LOKAL MASYARAKAT SUMATERA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP (IDENTIFIKASI DAN PEMANFAATAN TANAMAN TIGHAU MATO KERBAU) DI SMPN 1 ULU MUSI

Nata, Penggi Rangga (2021) PENGEMBANGAN MODUL IPA BERBASIS KEARIFAN LOKAL MASYARAKAT SUMATERA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP (IDENTIFIKASI DAN PEMANFAATAN TANAMAN TIGHAU MATO KERBAU) DI SMPN 1 ULU MUSI. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno.

[img]
Preview
Text
skripsi Penggi Rangga nata.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuanUntuk mengetahui bagaimana hasil uji kelayakan pengembagan modul IPA berbasis kearifan lokal masyarakat sumatera pada materi keanekaragaman mahkul hidup (identipikasi dan pemenfaatan tanaman Tigahu Mato Kerbau). Untuk menegetahui habitat tumbuhan dari Tighau Mato Kerbau. Bentuk desain cover modul berukuran 17,6 x 25cm (B5) dan dominasi warna modul berwarna biru, isi materi yang ada pada modul tersebut berjumlah 36 halaman, dari 36 halaman isi modul tersebut terdapat beberapa bahasan yaitu: Kata Pengantar, Daftar Isi, Kegiatan belajar 1: Keanekaragaman Makhluk Hidup, Kegiatan Belajar 2: Peta konsep Kearifan Lokal, Kegiatan Belajar 3: Tighau Mato Kerbau, Glosarium, dan Daftar Fustaka. Jenis penelitian ini yang digunakan adalah penelitian pengembangan, penelitian penegembangan adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentuk untuk menguji kelayakan produk tersebut. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 13 orang terdiri dari 3 dosen ahli validasi Materi, Media, dan Bahasa, 1 orang guru Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), dan 9 Sisawa kelas VII SMP Negeri 1 Ulu Musi, teknik dalam pengumpulan data ini adalah dengan menggunakan angket ahli validasi, angket Guru dan angket siswa. Hasil uji kelayakan modul IPA berbasis kearifan lokal masyarakat sumatera pada materi keanekaragaman makhluk hidup (identifikasi dan pemanfaatan tanaman Tighau Mato Kerbau). Adapun hasil uji kelayakan modul dari ahli Ahli media dengan persentase 92 % , Ahli Materi dengan persentase 96 %, Ahli Bahasa dengan persentase 92 %. Adapun uji kelayakan pada guru Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan peersentasie 82 %, dan uji kelayakan pada respon siswa dengan persentase 90 %. Berdasarkan hasil penelitian pada modul dapat diyatakan “Layak”.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Andriani, D. G. 2019. Validasi Modul Berbasis Literasi Pada Mata Kuliah Statistika Matematika. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika, 5(01), 36-42. Asmuri, Dkk, 2018. Pengembangan Modul IPA Terpadu SMP/MTs Kelas VIII Berbasis SETS Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Tema Makanan Dan Kesehatan Tubuh. FKIP e�PROCEEDING, 3(1), 73-80. Asrizal, Dkk, 2017. Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Ipa Terpadu Bermuatan Literasi Era Digital Untuk Pembelajaran Siswa SMP kelas VIII. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 1(1), 1-8. Ayuningtyas, dkk 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Dengan Model Inkuiri Terbimbing Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA Pada Materi Fluida Statis. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 4(2), 636-647. Depertemen Agama, Al-Qur’an Karim dan terjemahanya, ( Semarang: PT Toha Putra,2013) hal.240 Dewi, E. P., 2017. Efektivitas Modul dengan Model Inkuiri untuk Menumbuhkan Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Kalor. Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah, 2(2), 105-110. Fajarini, U. 2014. Peranan Kearifan Lokal Dalam Pendidikan Karakter. SOSIO-DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 1(2), 123-130. Hidayati, D. 2017. Memudarnya Nilai Kearifan Lokal Masyarakat Dalam Pengelolaan Sumber Daya Air. Jurnal Kependudukan Indonesia, 11(1), 39-48. Indonesia, Undang-Undang Republik. "Sistem pendidikan nasional." Jakarta Direktorat Pendidik. Menengah Umum (2003). h. 3 Indonesia, Undang-Undang Republik. "Sistem pendidikan nasional." Jakarta Direktorat Khoerunnisa, R. F., 2016. Pengembangan Modul IPA Terpadu Etnosains Untuk Menumbuhkan Minat Kewirausahaan. Journal of Innovative Science Education, 5(1), 45-53 Kinayungan, I., 2016. Efektivitas Penerapan Metode Permainan Happy Kingdom Pada Materi Keanekaragaman Makhluk Hidup Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa SMP. Journal Of Biology Education, 5(3), 230-236. Kun, P. Z. 2013, September. Pembelajaran Sains Berbasis Kearifan Lokal. In Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika Ke-3 2013. Sebelas Maret University. Latifah, S. 2015. Pengembangan Modul IPA Terpadu Terintegrasi Ayat-Ayat Al-Qur‟an Pada Materi Air Sebagai Sumber Kehidupan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 4(2), 155-164 Munawaroh, 2017. Pengembangan Modul IPA Berbasis Kearifan Lokal Pembuatan Tahu Tamanan Pada Pokok Bahasan Tekanan Dalam Pembelajaran IPA Di SMPN 1 Tamanan. FKIP e-PROCEEDING, 2(1), 8- 8. Muslih, K.,2016. Pengaruh Penambangan Timah Terhadap Keanekaragaman Ikan Sungai Dan Kearifan Lokal Masyarakat Di Kabupaten Bangka. LIMNOTEK-Perairan Darat Tropis di Indonesia, 21(1). Muzari, I., 2016. Pengembangan Modul IPA Terpadu Berbasis SETS Pada Tema Makanan Sehat Dan Tubuhku Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 5(1), 21-27. Prasetya, T. I. 2012. Meningkatkan Keterampilan Menyusun Instrumen Hasil Belajar Berbasis Modul Interaktif Bagi Guru-Guru IPA SMP N Kota Magelang. Journal of Research and Educational Research Evaluation, 1(2). Purna, I. M. 2016. Kearifan Lokal Masyarakat Desa Mbawa Dalam Mewujudkan Toleransi Beragama. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 1(2), 261-277. Rosa, F. O. 2015. Pengembangan Modul Pembelajaran IPA SMP Pada Materi Tekanan Berbasis Keterampilan Proses Sains. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(1). Safitri, A. N., Dkk 2018. Pengembangan Modul IPA Berbasis Kearifan Lokal Kopi Pada Pokok Bahasan Usaha Dan Energi di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(1), 22-29. Setiyalin, A. S., Dkk 2017. Panduan Pembelajaran Keanekaragaman Makhluk Hidup Untuk Tingkat Sma Kelas X (studi Kasus: Sma Sandhy Putra Telkom Bandung). eProceedings of Applied Science, 3(3). Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D,…. h. 298-310 Sugiyono,Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D,( Bandung: Alfabeta Bandung,2013),297 Utari, 2017. Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal Di Sekolah Dasar Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 1(1), 39-44. Yusup, F. 2018. Uji Validitas Dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1).
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QK Botany
S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: yuli astria ria
Date Deposited: 23 Sep 2021 03:55
Last Modified: 23 Sep 2021 03:59
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7082

Actions (login required)

View Item View Item