PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI BERBASIS WORDWALL UNTUK MATA PELAJARAN IPA SMP KELAS VII

Auliya, Anisa (2021) PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI BERBASIS WORDWALL UNTUK MATA PELAJARAN IPA SMP KELAS VII. Diploma thesis, UIN FAS BENGKULU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ANISA AULIYA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Instrumen evaluasi atau alat evaluasi merupakan suatu alat yang memenuhi persyaratan akademis, sehingga dapat digunakan sebagai alat ukur atau pengumpulan data mengenai suatu variabel. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan instrumen evaluasi yang digunakan pendidik dalam pembelajaran belum bervariasi serta evaluasi yang dilakukan oleh guru masih menggunakan kertas dan google formulir, untuk itu penelitian ini bertujuan mengembangkan instrumen evaluasi berbasis wordwall dan untuk mengetahui kelayakan dan kepraktisan instrumen evaluasi berbasis wordwall. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model Borg dan Gall yang diadaptasi oleh Sugiyono dengan 8 tahapan yang terdiri dari analisis kebutuhan, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba skala kecil, revisi produk dan uji pemakaian. Hasil pengembangan instrumen evaluasi berbasis wordwall untuk mata pelajaran IPA SMP kelas VII diperoleh hasil uji kelayakan dari validasi ahli materi, media dan bahasa sebesar 80,4%, 98.6 % dan 96% dengan kategori sangat layak, sedangkan untuk hasil uji kepraktisan di dapat hasil rata-rata angket respons siswa sebesar 87.9 % dengan kategori sangat praktis

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Instrumen, Wordwall, Sistem Organisasi Kehidupan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 23 Sep 2021 04:03
Last Modified: 23 Sep 2021 04:03
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7085

Actions (login required)

View Item View Item