Indah, Della Rency Melia (2021) IMPLEMENTASI PRINSIP KESANTUNAN BERBAHASA PADA KEGIATAN DISKUSI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA SMP NEGERI 1 KELAS VIII KIKIM TENGAH KABUPATEN LAHAT. Diploma thesis, UIN FAS BENGKULU.
|
Text
skripsi della rency melia indah.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Della Rency Melia Indah, NIM : 1711290005, Judul Skripsi : “Implementasi Prinsip Kesantunan Berbahasa pada Kegiatan Diskusi Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa SMP Negeri 1 Kelas VIII Kikim Tengah Kabupaten Lahat”, Skripsi : Program Studi Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah dan Tadris, IAIN Bengkulu. Pembimbing : 1. Dr. Kasmantoni, M.Si. 2. Bustomi, M.Pd. Kata Kunci : Kesantunan Berbahasa, Prinsip Diskusi, Pembelajaran Berbahasa. Penelitian ini di latarbelakangi oleh Pembelajaran Bahasa Indonesia yang mewajibkan pesera didik menguasai enam prinsip kesantunan prinsip kesantunan, yaitu: maksim kearifan, maksim dermawan, maksim pujian, maksim kerendah hati, maksim kesepakatan, dan maksim kesimpati. Pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Kikim Tengah dalam kegiatan Berdiskusi. Penulisan pada penelitian ini meneliti Bagaimana implementasi kesantunan berbahasa pembelajaran bahasa indonesia pada guru dan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kikim Tengah Kabupaten Lahat saat berdiskusi dan bagaimana faktor pelanggaran maksim dalam berdiskusi. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui implementasi kesantunan berdiskusi pembelajaran bahasa indonesia pada guru dan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kikim Tengah Kabupaten Lahat saat berdiskusi dan apa saja faktor pelanggaran maksim dalam berdiskusi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Sujek dari penelitian ini adalah Guru dan Siswa kelas VIII A SMP Negri 1 Kikim Tengah Kabupaten Lahat. Sedangkan informan penelitian ini yaitu Guru Bahasa Indonesia SMP Negri 1 Kikim Tengah Kabupaten Lahat. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa : Impelementasi prinsip kesantunan berbahasa pada kegiatan diskusi siswa yaitu pembukaan, menjelaskan, tanya jawab, penutup. Proses berdiskusi pada peserta didik harus lebih teliti dalam menguasai prinsip-prinsip kesantunan dalam kegiatan diskusi pembelajaran Bahasa Indonesia. metode yang digunakan metode diskusi, metode pengulangan, dan metode ceramah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesantunan Berbahasa, Prinsip Diskusi, Pembelajaran Berbahasa. |
Subjects: | P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Syahril Syahril M.Ag |
Date Deposited: | 23 Sep 2021 07:20 |
Last Modified: | 23 Sep 2021 07:20 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7114 |
Actions (login required)
View Item |