PERAN ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI ANAK BELAJAR ONLINE DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III MI AL-ISLAM KOTA BENGKULU

Sari, Novita (2021) PERAN ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI ANAK BELAJAR ONLINE DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III MI AL-ISLAM KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno.

[img]
Preview
Text
skripsi Novita Sari.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam mendampingi anak belajar online dan hasil belajar pada siswa kelas III MI AL-Islam serta mengetahui kendala yang dihadapi oleh orang tua dalam mendampingi anak belajar online dan hasil belajar siswa di MI AL-Islam Kota Bengkulu. Penelitian ini mengunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (Researh) dimana peneliti turun langsung kelapangan untuk mengetahui peran orang tua dalam mendampingi anak belajar online dan hasil belajar pada siswa kelas III serta kendala yang dihadapi orang tua dalam mendampingi anak belajar online di MI AL-Islam Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan menggunakan lembar observasi (Observation), wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah orang tua siswa kelas III MI AL-Islam Kota Bengkulu yang berjumlah 8 orang, siswa kelas III MI AL-Islam Kota Bengkulu yang berjumlah 8 orang, Guru Wali kelas III MI AL-Islam Kota Bengkulu berjumlah 4 orang, dan Kepala Sekolah MI AL-Islam Kota Bengkulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam mendampingi anak belajar online orang tua sudah menjalankan perannya dengan baik yaitu peran orang tua sebagai pengasuh dan pendidik, peran orang tua sebagai pembimbing, peran orang tua sebagai motivator, dan peran orang tua sebaai fasilitator. Seperti misalnya, dengan membimbing anak dalam mengerjakan tugas sekolah, menyediakan fasilitas belajar yang diperlukan anak, memberikan pemahaman materi kepada anak, dan berkomunikasi dengan guru. Berikut kendala yang dihadapi orang tua, Siswa dan Guru saat melangsungkan kegiatan belajar Online di MI AL-Islam Kota Bengkulu: kendala orang tua siswa (1) Emosi anak atau mood anak (2) kurangnya pemahaman orang tua terhadap materi pelajaran anak (3) anak yang susah diatur, dan kendala yang dihadapi siswa (1) gangguan sinyal (2) kuota internet yang kuran memadai (3) siswa yan tidak mempunyai HP untuk menunjang proses pembelajaran anak di rumah, sedangkan kendala yang dihadapi oleh Guru yaitu (1) kurangnya jalinan komunikasi antara guru dan orang tua siswa terkait proses pembelajaran anak dari rumah, (2) sulit bagi guru untuk mengukur potensi yang ada (3) terbatasnya HP android yang dimiliki oleh siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Peran Orang Tua, Belajar Online, Hasil Belajar, Siswa Kelas III
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: yuli astria ria
Date Deposited: 24 Sep 2021 01:27
Last Modified: 24 Sep 2021 01:27
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7125

Actions (login required)

View Item View Item