PEMIKIRAN BURHANUDDIN AZ-ZARNUJI DAN IBNU SAHNUN TENTANG PENDIDIKAN (TELAAH HUBUNGAN GURU DAN MURID)

NISA’ WAHYUNI, HAIRUN (2021) PEMIKIRAN BURHANUDDIN AZ-ZARNUJI DAN IBNU SAHNUN TENTANG PENDIDIKAN (TELAAH HUBUNGAN GURU DAN MURID). Other thesis, UIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
Hairun Nisa' Wahyuni.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui pemikiran pendidikan tokoh Islam Burhanuddin Az-Zarnuji dan Ibnu Sahnun, khususnya tentang guru dan murid. Karena guru dan murid menjadi salah satu sub terpenting dalam dunia pendidikan, tentunya dengan mengkaji hal tersebut tidak klah pentingnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian pustaka (library Research). Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi. Analisis data digunakan analisis isi (content analysis) yaitu dengan cara menganalisis data tentang pemikiran pendidikanBurhanuddin Az-Zarnuji dan Ibnu Sahnun. Hasil dari penelitian ini bahwa Burhanuddin Az-Zarnuji memiliki pemikiran yang sama tentang seberapa pentingnya guru dan murid dalam pendidikan, dan tentunya salah satu yang sangat di utamakan oleh Burhanuddin Az-Zarnuji dalam bukunya adalah pendidikan Akhlak, dan Ibnu Sahnun Tentang metode pendidkan itu sendiri. Menurut Burhanuddin Az-Zarnuji bahwa dalam proses belajar mengajar Az- Zarnuji menjelaskan bahwa guru dan murid harus memiliki sikap yang baik, guru harus memiliki kepribadian yang baik, lebih alim, menjaga diri, kebapakan. Seorang murid juga harus memiliki sikap yang baik juga, seperti menghormati guru, bersyukur, lillahi Ta’ala, dan lain sebagainya. Kata kunci: Nilai-nilai sikap guru dan murid serta tokoh Az-Zarnuji. Sedangkan Ibnu Sahnun mendefinisikan peran guru secara menyeluruh, meliputi hal-hal yang perlu dilaksanakan, kepribadian yang berbudi luhur seorang pendidik, dan batasan-batasan menjadi seorang pendidik. Ketika seorang pendidik dapat melaksanakan semua pedoman hadits valid yang diberikan, maka kontinuitas, keselarasan dan keberhasilan dalam proses pendidikan dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Burhanuddin Az-Zarnuji, Ibnu Sahnun, guru dan murid
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 23 Sep 2021 07:45
Last Modified: 23 Sep 2021 07:45
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7128

Actions (login required)

View Item View Item