PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 66 KOTA BENGKULU

Ramadayani, Anisa Utami (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 66 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno.

[img]
Preview
Text
Skripsi Anisa Utami Ramadayani.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Tegadap Minat dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 66 Kota Bengkulu. Dalam penelitian ini peneliti menggunkan jenis penelitian quasi eksperimen menggunakan kelas eksperimen dan kelas Kontrol. Peneliti menggunkan populasi sebanyak 50 dan sample sebanyak 50 sample dimana karena populasi kurang dari 100 maka semua populasi dijadikan sample, saat penelitian berlangsung peneliti menggunkan dua kelas yang mana satu diberi perlakuan dan satunya tidak diberi perlakuan. Dengan teknik pengumpulan data menyebar angket untuk minat belajar matematika dan memberi tes untuk hasil belajar siswa. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran jigsaw terhap minat dan hasil belajar siswa mata pelajarn matematika siswa kelas V SD N 66 kota Bengkulu. Dilihat dari nilai posttest dengan uji t menunjukan hasil nilai sig. (2 tailed) sebesar 0.000 yang artinya lebih kecil dari > 0.05 maka dapat dijelaskan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikikan antara model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V di SD N 66 Kota Bengkulu. Selain menggunkan uji t peneliti juga menggunakan pembeuktian pengujian menggunkan Uji Manova yang hasilnya nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,000. Berdasarkan kriteria menunjukkan bahwa 0,000 < 0,05. Ho Ditolak dan Ha diterima. Sehingga Peneliti dapat menarik kesimpulan yaitu terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran jigsaw dengan minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V SD N 66 Kota Bengkulu Materi Bangun Ruang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Jigsaw, Minat Belajar Matematika, Hasil Belajar Matematika.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: yuli astria ria
Date Deposited: 24 Sep 2021 01:27
Last Modified: 24 Sep 2021 01:29
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7130

Actions (login required)

View Item View Item