Fatonah, Siti (2021) HUBUNGAN INTERAKSI SOSIAL SISWA DENGAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V SDN 44 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN FAS Bengkulu.
|
Text
Skriprsi siti fatonah.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : hubungan interaksi sosial siswa Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas V Di SDN 44 kota bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan kolerasi product moment. Adapun sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 siswa, yakni terdiri dari kelas V A 30 siswa kelas eksperimen dan kelas V B 30 siswa kelas kontrol Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui :hubungan interaksi sosial siswa Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas V Di SDN 44 kota bengkulu. Instrumen yang digunakan adalah pengisian angket. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik angket dan teknik dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dari hasil pengisian angket oleh peneliti dengan pengisian lembar angket maka berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa adanya hubungan interaksi sosial siswa terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan sosial . Adapun Berdasarkan hasil perhitungan korelasi antara interaksi sosial dengan hasil belajar . dapat dilihat bahwa koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,731. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif yang kuat antara interaksi sosial dengan hasil belajar karena nilai koefisien korelasinya yang mendekati 1. Tingkat signifikansinya sebesar 0.000 (p<0,05). Jika nilai p<0,05 maka Ho ditolak, yang berarti Ha diterima. Dengan demikian terdapat pengaruh positif yang signifikan antara interaksi sosial dengan hasil belajar Artinya semakin tinggi interaksi sosial maka akan semakin tingggi hasil belajar Sebaliknya, semakin rendah interaksi sosial semakin rendah hasil belajar. Terdapat hubungan interaksi sosial siswa terhadap hasil belajar ips kelas V SDN 44 kota bengkulu
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hubungan Interaksi Sosisal Siswa, IPS |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | furqon adli |
Date Deposited: | 24 Sep 2021 01:33 |
Last Modified: | 24 Sep 2021 01:33 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7132 |
Actions (login required)
View Item |