IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HAFALAN ARTI BACAAN SHOLAT PADA SISWA KELAS VIII MADRASAH SALAFIYAH WUSTHA HIDAYATUL QOMARIYAH KOTA BENGKULU

Pratama, Suryo Bela (2021) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HAFALAN ARTI BACAAN SHOLAT PADA SISWA KELAS VIII MADRASAH SALAFIYAH WUSTHA HIDAYATUL QOMARIYAH KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SURYO BELA PRATAMA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan implementasi model pembelajaran kooperatif make a match pada mata pelajaran PAI untuk meningkatkan hafalan arti bacaan shalat pada siswa kelas VIII Wustha A MSW Hidayatul Qomariyah Kota Bengkulu 2) untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan hafalan arti bacaan sholat siswa dengan model pembelajaran kooperatif make a match pada mata pelajaran PAI di kelas VIII wustha A Madrasah Salafiyah Wustha Hidayatul Qomariyah Kota Bengkulu 3) untuk mengetahui apa kendala yang dihadapi guru PAI dan peserta didik dalam pembelajaran PAI di Madrasah Salafiyah Wustha Hidayatul Qomariyah Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek/informan adalah, guru mata pelajaran PAI, serta siswa kelas VIII Wustha A Madrasah Salafiyah Wustha Hidayatul Qomariyah Kota Bengkulu. Hasil penelitian ini adalah implementasi model pembelajaran make a match dalam proses pembelajaran mata pelajaran PAI di Madrasah Salafiyah Wustha Hidayatul Qomariyah Kota Bengkulu meliputi implementasi model pembelajaran kooperatif make a match dalam pembelajaran PAI, meliputi; kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Upaya guru dalam meningkatkan hafalan arti bacaan sholat melalui model pembelajaran kooperatif make a match, yaitu; membiasakan siswa membaca buku, belajar kelompok, dan membiasakan siswa untuk menghafal. Dan kendala yang dirasakan dalam penerapaan model pembelajaran make a match diantaranya; kurangnya waktu dalam mengajar, terbatasnya media pembelajaran, dan kurang tersedianya sarana dan parasarana.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Metode Make A Match, Arti Bacaan Shalat
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: yuli astria ria
Date Deposited: 24 Sep 2021 03:01
Last Modified: 24 Sep 2021 03:01
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7159

Actions (login required)

View Item View Item