Aulannisa, Azra (2021) PENGARUH MODEL PAIKEM GEMBROT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 16 PAGAR ALAM. Diploma thesis, UIN FAS Bengkulu.
|
Text
SKRIPSI AZRA AULANNISA.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PAIKEM GEMBROT terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 16 Pagar Alam, dalam penelitian ini terdiri dari satu kelas. Peneliti mengambil kelas IV untuk dijadikan sebagai sampel penelitian yang berjumlah 27 orang siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan teknik sampel jenuh dimana seluruh siswa dijadikan sebagai sampel penelitian. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian Pra-eksperimen (Pre-experimental design) sedangkan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu One group pretest posttest design. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini hanya satu kelompok saja sehingga tidak memerlukan kelas kontrol. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 16 Pagar Alam dan teknik pengumpulan data menggunakan soal tes, dan dokumentasi. Analisis pengujian data dengan menggunakan uji t, dapat diketahui melalui uji normalitas yang dilakukan sebelumnya dengan nilai signifikansi 0,200 > 0,05 dan dinyatakan bahwa data berdistribusi normal. Berdasarkan hasil output Uji Paired Sample T – Tes, diketahui bahwa nilai signifikansi (Sig.) (2-tailed) adalah sebesar 0,000. Dengan ketentuan jika nilai signifikansi 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dan dengan menggunakan rumus perhitungan manual diketahui nilai t-hitung sebesar 9,87496 dan t-tabel sebesar 2,052 maka dapat disimpulkan bahwa t-hitung > t tabel sehingga dapat disimpulkan bahwa dari hasil Ha yang diterima berarti terdapat pengaruh dalam penggunaan model PAIKEM GEMBROT pada siswa kelas IV SD Negeri 16 Pagar Alam. Dengan koefisien determinasi bernilai 0,670 yang menunjukkan bahwa besaran pengaruh variabel “x” yaitu model PAIKEM GEMBROT terhadap variabel “y” hasil belajar siswa adalah sebesar 67,0% dan sisanya sebesar 33,0% dipengaruhi oleh variabel lain di luar variabel yang diteliti.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model PAIKEM GEMBROT, Hasil Belajar Matematika Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | furqon adli |
Date Deposited: | 24 Sep 2021 03:14 |
Last Modified: | 24 Sep 2021 03:14 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7170 |
Actions (login required)
View Item |