PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) BERINTEGRASI NILAI-NILAI KEBANGSAAN UNTUK KELAS VIII SMP

Vitaloka, Velya (2021) PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) BERINTEGRASI NILAI-NILAI KEBANGSAAN UNTUK KELAS VIII SMP. Diploma thesis, UIN FAS Bengkulu.

[img]
Preview
Text
VELYA VITALOKA NIM 1711280032.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kevalidan pengembangan dan kepraktisan penggunaan modul matematika menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) berintegrasi nilai-nilai kebangsaan untuk kelas VIII SMP pada materi relasi dan fungsi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development (R & D) menggunakan model 4D yang terdiri dari 4 tahap yaitu, Define, Design, Develop, Disseminate. Uji coba produk dilakukan pada kelompok kecil yaitu 14 orang siswa kelas VIII dan guru mata pelajaran matematika. Hasil penelitian dimana pada tahap validasi terdiri dari 7 orang validasi yaitu ahli bahasa, 1 orang ahli media, 2 orang ahli integrasi nilai kebangsaan dan 3 orang ahli materi dengan persentase rata-rata validasi yaitu 83,12% dengan kategori “Sangat Valid”. Pada tahap uji coba produk untuk menentukan kepraktisan penggunaan modul matematika ini menggunakan uji kelompok kecil (respon siswa) dan respon guru memperoleh skor dengan rata-rata sebesar 76,87% dengan kategori “Praktis”. Sehingga dapat disimpulkan pengembangan modul matematika menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) berintegrasi nilai-nilai kebangsaan untuk kelas VIII SMP pada materi relasi dan fungsi yang sudah dikembangkan adalah valid dan praktis sehingga layak untuk digunakan pada proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Modul Matematika, Model Pembelajaran, Team Assisted Individualization (TAI), Nilai-nilai Kebangsaan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Matematika
Depositing User: furqon adli
Date Deposited: 24 Sep 2021 03:28
Last Modified: 24 Sep 2021 03:28
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7179

Actions (login required)

View Item View Item