PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA DALAM BENTUK VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS POWTOON PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN PADA KELAS VII DI SMP NEGERI 03 KOTA BENGKULU

Sakti, Hesti Putri Nyai (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA DALAM BENTUK VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS POWTOON PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN PADA KELAS VII DI SMP NEGERI 03 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN FAS BENGKULU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI HESTI PUTRI NYAI SAKTI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Media pembelajaran merupakan media pengajaran dalam proses belajar mengajar yang dapat meningkatkan keinginan dan minat murid, membangkitkan motivasi murid, serta memberikan rangsangan dan juga pengaruh psikologis kepada para siswa yang menggunakannya. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan bahwasanya kurangnya media pembelajaran yang bervariasi saat pembelajaran berlangsung dan dibutuhkan oleh guru suatu pengembangan media pembelajaran yang menarik minat belajar siswa, media yang digunakan pada saat pembelajaran berlangsung masih menggunakan media visual berupa buku, LKS, dan modul. Selain itu masih terbatasnya media yang dapat memotivasi siswa dalam belajar, untuk itu penelitian ini bertujuan mengembangkan media video pembelajaran berbasis Powtoon untuk mengetahui kelayakan dan efektivitas terhadap media video pembelajaran berbasis Powtoon. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model Borg dan Gall yang diadaptasi oleh Sugiyono dengan 8 tahapan yang terdiri dari analisis kebutuhan, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba skala kecil, revisi produk dan uji pemakaian. Hasil pengembangan media pembelajaran IPA dalam bentuk video pembelajaran berbasis powtoon pada materi pencemaran lingkungan pada kelas VII di SMP nilai dari validasi ahli bahasa, materi dan media sebesar 75 %, % dan % dengan kategori sangat layak, hasil angket respon guru dan siswa sebesar 95 %, 84,7 % dengan kategori sangat layak. Sedangkan untuk hasil uji coba pemakaian nilai rata-rata uji efektivitas terdapat perbandingan sebelum dan sesudah penggunaan media video pembelajaran berbasis powtoon dengan perbandingan nilai rata-rata 67 dan 87, dan telah diuji bahwa media video pembelajaran berbasis powtoon sangat efektif digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan video pembelajaran, Powtoon, Pencemaran Lingkungan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 24 Sep 2021 03:37
Last Modified: 24 Sep 2021 03:37
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7192

Actions (login required)

View Item View Item