STRATEGI GURU KELAS DALAM MENANAMKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA KELAS III DI SDN 99 KOTA BENGKULU

Dwi, Aprilia (2021) STRATEGI GURU KELAS DALAM MENANAMKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA KELAS III DI SDN 99 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP APRILIA DWI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Karakter disiplin sangat penting ditanamkan kepada peserta didik. Guru di Sekolah Dasar Negeri 99 Kota Bengkulu sendiri sudah menerapkan profesionalisme guru kelas dalam menanamkan karakter disiplin siswa dengan baik. Akan tetapi siswa kurang maksmal dalam mengaplikasikan pendidikan karakter disiplin yang sudah diberikan oleh guru. Contohnya, masih terdapat siswa yang belum mematuhi peraturan di sekolah. Oleh karena itu penting bagi seorang guru kelas untuk mengetahui strategi apa yang digunakan untuk menanamkan karakter disiplin pada siswa dan apa saja faktor penghambat dalam pembentukan karakter disiplin pada siswa. Pendektan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian, ditemukan bahwa 1) Strategi yang digunakan oleh guru kelas III yaitu melalui unsur keteladanan, kebiasaan, peraturan, hukuman, dan penghargaan. 2) yang mempengaruhi guru kelas dalam menanamkan kedisiplinan yaitu faktor keluarga dan lingkungan

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru Kelas, Karakter, Kedisiplinan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 24 Sep 2021 09:15
Last Modified: 24 Sep 2021 09:15
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7217

Actions (login required)

View Item View Item