Fatmawati, Risma (2021) PENGARUH KUALITAS LAYANAN INFORMASI JURUSAN DAKWAH TERHADAP TINGKAT PENGETAHUN MAHASISWA TENTANG INFORMASI AKADEMIK ( STUDI KASUS DI JURUSAN DAKWAH FAKULTAS USHULUDDIN, ADAB DAN DAKWAH IAIN BENGKULU). Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno.
|
Text
Skripsi Risma fatmawati PDF.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pengetahuan mahasiswa tentang informasi akademik dinilai penting guna mempercepat penyelesaian masa studi. Penelitian ini membangun hipotesa bahwa kualitas layanan informasi memiliki pengaruh terhadap tingkat pengetahuan mahasiswa. Peneliti menggunakan metode survei, indikator kualitas layanan informasi mengikuti arahan parasuraman et.al (1988), sedangkan tingkat pengetahuan mengikuti Notoadmojho (2003). Populasi adalam penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Dakwah FUAD IAIN Bengkulu, studi ini mengambil sampel pada mahasiswa Jurusan Dakwah angkatan 2017-2018, Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah dengan alasan: Belum ada studi terdahulu yang meneliti kualitas layanan informasi jurusan dakwah, jurusan dakwah berpotensi memiliki layanan informasi dibandingkan jurusan lainnya. Studi ini dinilai penting karena bermanfaat untuk mengisi kekosongan gap penelitian pada pengukuran kualitas layanan dan tingkat pengetahuan serta memperkuat informasi akademik. Penelitian kuantitatif telah digunakan atas dasar ingin menguji apakah ada pengaruh dari kualitas layanan informasi terhadap tingkat pengetahuan mahasiswa. Dari lima indikator kualitas layanan dan enam indikator tingkat pengetahuan dibangun 63 butir kuesioner, setelah melakukan uji validitas dan uji reliabilitas hanya 46 kuesioner yang memenuhi syarat. Peneliti meneruskan kuesioner kepada 80 mahasiswa di jurusan dakwah yang terdiri dari mahasiwa program studi KPI, BKI dan MD. Data kuesioner ditabulasi menggunakan exel 2007 kemudian dilanjutkan dengan olah data menggunakan aplikasi SPSS 16.0. Penelitian ini menemukan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara Kualitas Layanan Informasi teradap Tingkat pengetahuan Mahasiswa. Ini dapat dibuktikan melalui uji regresi linier sederhana yang menunjukan nilai Constanta dan koefisien nilai Constanta (a) sebesar 107.396, sedangkan nilai kualitas layanan (b/Koefisien regresi) sebesar 1.412 yang dapat diartikan bahwa koefisien tersebut bernilai positif, sehingga ada pengaruh diantara variabel Kualitas Layanan Informasi Jurusan Dakwah terhadap variabel Tingkat Pengetahuan Mahasiswa Tentang Informasi Akademik. Temuan utama studi ini telah menguatkan studi terdahulu seperti: hasil penelitian yang hampir seluruh penelitian dengan kesimpulan bahwa ada pengaruh positif yang signifikan antara variable X dan variabel Y. Akhirnya, penelitian ini merekomendasikan untuk menggali lebih dalam terkait bagaimana menjelaskan kualitas layanan berpengaruh kepada tingkat pengetahuan menggunakan metode kualitatif. Studi ini terbatas pada uji pengaruh, perlu adanya pendalaman untuk studi masa mendatang untuk menguji secara kualitatif bagaimana penjelasan tentang pengaruh kualitas layanan informasi terhadap tingkat pengetahuan mahasiswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kualitas layanan, tingkat pengetahuan mahasiswa, informasi akademik, IAIN Bengkulu. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Ushuluddin Adab dan Dakwah > Manajemen Dakwah |
Depositing User: | yuli astria ria |
Date Deposited: | 24 Sep 2021 09:18 |
Last Modified: | 24 Sep 2021 09:18 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7221 |
Actions (login required)
View Item |