Soniago, Harum (2021) PENGARUH INTENSITAS MENONTON YOUTUBE TERHADAP PEMAHAMAN KEAGAMAAN DI MA’HAD AL-JAMI’AH IAIN BENGKULU. Diploma thesis, UIN FAS BENGKULU.
|
Text
SKRIPSI LENGKAP HARUM.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Harum Soniago. NIM: 1711330021. Judul Skripsi “Pengaruh Intensitas Menonton YouTube terhadap Pemahaman Keagamaan di Ma’had Al�Jami’ah IAIN Bengkulu”, Skripsi: Program Studi Manajemen Dakwah Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu. Pembimbing: 1. Dr. M. Ridho Syabibi, M.Ag, Pembimbing: 2. Ihsan Rahmat, MPA Metode penyampaian dakwah pada saat ini telah berkembang pesat. YouTube menjadi salah satu media pilihan para mad‟u (pendengar) untuk mendapatkan pemahaman keagamaan dari da‟i (penceramah). Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan yaitu, Bagaimana deskripsi intensitas menonton YouTube pada Mahasantri Ma‟had Al-Jami‟ah IAIN Bengkulu? Bagaimana deskripsi pemahaman keagamaan pada Mahasantri Ma‟had Al-Jami‟ah IAIN Bengkulu? Dan Bagaimana pengaruh intensitas menonton YouTube terhadap pemahaman keagamaan Mahasantri Ma‟had Al-Jami‟ah IAIN Bengkulu? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan teknik sampling yang digunakan yaitu Random Sampling. Sampel pada penelitian ini berjumlah 42 orang. Program yang digunakan untuk mengolah data dalam penelitian ini adalah SPSS Statistics versi 26 dan teknik pengolahan data menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel intensitas menonton YouTube terhadap pemahaman keagamaan Mahasantri Ma‟had Al-Jami‟ah IAIN Bengkulu yang dibuktikan melalui uji statistik regresi linier sederhana diketahui nilai Constanta (a) sebesar 19,821 yang artinya sebagai nilai konsisten variabel pemahaman keagamaan, sedangkan nilai intensitas menonton (b / koefisien) yang diperoleh sebesar 0,349. Selain itu, uji statistik regresi linier sederhana yang diperoleh dengan signifikansi sebesar 0,02 < 0,5 juga menyimpulkan bahwa intensitas menonton YouTube mempengaruhi pemahaman keagamaan. Adapun nilai R Square (R) dari kedua variabel penelitian yang telah diuji sebesar 0,223. Dengan demikian, variabel intensitas menonton YouTube mempengaruhi variabel pemahaman keagamaan sebesar 22,3% sedangkan sisanya 77,7% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini. Peneliti pada penelitian ini memberikan rekomendasi terhadap peneliti yang akan datang salah satunya yaitu, Perlu mempertimbangkan uji pengaruh platform serupa yang lebih diminati kaum milenial seperti TikTok, Instagram, dan lainnya
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Intensitas Menonton YouTube, dan Pemahaman Keagamaan. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Ushuluddin Adab dan Dakwah > Manajemen Dakwah |
Depositing User: | Syahril Syahril M.Ag |
Date Deposited: | 27 Sep 2021 07:06 |
Last Modified: | 27 Sep 2021 07:06 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7232 |
Actions (login required)
View Item |