Santoso, Eko (2021) PENERAPAN PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V DI SD NEGERI 52 KOTA BENGKULU SELAMA MASA PANDEMI COVID-19. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno.
|
Text
SKRIPSI EKO SANTOSO.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
lended Learning ini pada dasarnya merupakan gabungan keunggulan pembelajaran yang dilakukan secara tatap muka dan secara virtual. Atas dasar ini, penelitian ini difokuskan pada bagaimana cara agar penerapan pembelajaran Blended Learing dapat meningkatan perhatian belajar siswa pada proses pembelajaran dan faktor yang mendukung dan menghambat penerapan pembelajaran Blended Learning agar dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa SD Negeri 52 Kota Bengkulu Terkhusus pada pembelajaran IPA. jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian secara sistematis untu mendapatkan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tertetu. Dalam penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) yang menggunkan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan ini yaitu perpanjanan keikutsertaan peneliti, dan tringulasi. Sedangkan teknik anlisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data penyajian data dan penarik kesimpulan/verifikasi. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) penerapan pembelajaran blended learning terbukti telah memberikan dua peningkatan bagi siswa SD Negeri 52 Kota Bengkulu yaitu untuk meningkatkan perhatian siswa terhadap penerapan pembelajaran blended learning sperti perhatian spontan, perhatian statis dan dinamis, perhatian konsentratif dll, sedangka meningkatkan hasil belajar siswa pada penerapan pembelajaran siswa seperti dengan mengelolah faktoryang menhabat hail belajar siswa. 2) faktor yang mendukung dan menghambat penerapan pembelajaran blended learning agar dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa SD negeri 52 Kota bengkulu yaitu faktor yang mendukung seperti percaya diri,disiplin inisiatif dn tanggung jawab sedangkan faktor penghabat yaitu faktor internaldan faktor eksternal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Blended Learning, Perhatian, Kemandirian |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ms yuliana saputri |
Date Deposited: | 27 Sep 2021 07:47 |
Last Modified: | 27 Sep 2021 07:47 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7239 |
Actions (login required)
View Item |