THE ENGLISH TEACHERS’ PROBLEMS IN DESIGNING LESSON PLAN AT ISLAMIC BOARDING SCHOOL OF AL�QUR’AN HARSALLAKUM BENGKULU (A Case Study Conducted at islamic boarding school of al-qur’an harsallakum in the Academic Year 2020/2021)

Farhi, Syakir (2021) THE ENGLISH TEACHERS’ PROBLEMS IN DESIGNING LESSON PLAN AT ISLAMIC BOARDING SCHOOL OF AL�QUR’AN HARSALLAKUM BENGKULU (A Case Study Conducted at islamic boarding school of al-qur’an harsallakum in the Academic Year 2020/2021). Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SYAKIR FARHI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menggambarkan masalah-masalah guru dalam mendesain Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini Qualitative Research. Subjek penelitian ini adalah dua guru bahasa inggris yang mengajar di Pondok Pesantren Harsallakum Bengkulu. Peneliti menggunakan Dokumen(RPP), alat perekam and Lembar observasi sebagai instrumen penelitian. Setelah itu, peneliti menganalisis temuan melalui beberapa tahap: menganalisis rencana pelaksanaan pembelajaran guru dengan menggunakan lembar ceklist observasi, menganalisis rekaman guru mengajar dengan menggunakan lembar observasi dan rencana pelaksanaan pembelajaran, kemudian menghitung hasil penilaian dengan menggunakan standar penilaian akademik berdasarkan keputusan Rektor IAIN Bengkulu nomor 0353/2014. Hasil dari analysis: Permasalahan-permasalahan dalam mendesain RPP adalah sebagai berikut :Metode mengajar, Penilaian, Kelengkapan instrument, Materi Pembelajaran, Identitas subjek. Sedangkan permasalahan dalam mengimplementasikan RPP adalah sebagai berikut: Tidak melakukan apersepsi, Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan rencana kegiatan, tidak menggunakan metode pengajaran bahasa sesuai dengan skill yang diajarkan, Tidak menggunakan media secara efektif dan efisien, Tidak melibatkan siswa dalam pemanfaatan sumber dan media pembelajaran, Tidak menumbuhkan antusias dan keceriaan siswa dalam belajar, Melakukan penilaian akhir sesuai dengan kompetensi, Melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan siswa, dan melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan arahan kegiatan atau tugas sebagai bagian remedial/pengawasan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Para guru harus merancang rencana pelajaran berdasarkan kriteria yang diberikan oleh Dinas Pendidikan Nasional, karena rencana pelajaran yang dirancang oleh para guru masih belum melengkapi kriteria yang tersedia

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 27 Sep 2021 07:50
Last Modified: 27 Sep 2021 07:50
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7243

Actions (login required)

View Item View Item