ANALISIS BUTIR SOAL PADA PEMBELAJARAN E-LEARNING MATA PELAJARAN IPA KELAS IV (ALAT INDERA PADA MANUSIA) DI 3 SEKOLAH KABUPATEN SELUMA

Anggraini, Widya (2021) ANALISIS BUTIR SOAL PADA PEMBELAJARAN E-LEARNING MATA PELAJARAN IPA KELAS IV (ALAT INDERA PADA MANUSIA) DI 3 SEKOLAH KABUPATEN SELUMA. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno.

[img]
Preview
Text
bakar kaset widya.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Menganalisis butir soal merupakan suatu kegiatan yang harus dilakukan guru untuk meningkatkan mutu soal yang telah ditulis. Penelitian ini akan menjelaskan analisis butir soal pada pembelajaran e-learning mata pelajaran IPA kelas IV (Alat Indra Pada Manusia) di 3 sekolah Kabupaten Seluma. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui butir soal pada pembelajaran e-learning mata pelajaran IPA Kelas IV (Alat Indra Pada Manusia) di 3 sekolah Kabupaten Seluma, yaitu: SD Negeri 120 Desa Perluasan Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma, SD Negeri 24 Desa Lubuk Sahung Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma, dan SD IT Al-Ahsan Desa Sukamaju Kecamatan Air Periukan Kabupaten Seluma. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode penelitian data yang digunakan penelitan ini yaitu metode wawancara, metode observasi, dan metode dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduction, display, dan verification. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh mengenai analisis butir soal mata pelajaran IPA (Alat Indera Pada Manusia) di 3 sekolah Kabupaten Seluma dilakukan dengan menggunakan kata kerja operasional (KKO). Terdapat 3 kategori, yaitu soal kemampuan tingkat rendah/LOTS (Lower Order Thinking Skill), tingkat menengah/MOTS (Medium Order Thinking Skill) dan tingkat tinggi/HOTS (High Order Thinking Skill), dan kategori soal kemampuan tingkat rendah (LOTS) yang lebih dominan dibandingkan dengan kategori tingkat menengah (MOTS) dan tingkat tinggi (HOTS).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Butir Soal, Pembelajaran E-Learning, Mata Pelajaran IPA.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 27 Sep 2021 07:51
Last Modified: 27 Sep 2021 07:51
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7260

Actions (login required)

View Item View Item