PENGARUH KEBIASAAN SARAPAN PAGI TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS V SDN 24 KOTA BENGKULU

Hantia, Oni (2021) PENGARUH KEBIASAAN SARAPAN PAGI TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS V SDN 24 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ONI HANTIA NIM 1516240336.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI ONI HANTIA NIM 1516240336.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini berdasarkan permasalahan yang didapat berdasarkan hasil wawancara dan observasi awal penelitian di SDN 24 Kota Bengkulu, diketahui masih banyaknya siswa yang kurang konsentrasi dalam menghadapi pelajaran yang disebabkan banyaknya siswa yang tidak sarapan pagi saat berangkat sekolah, dan diketahui masih kurangnya kesadaran siswa dan orang tua dalam memilih sarapan pagi yang sehat sebagai sumber energi dalam belajar dan beraktivitas di sekolah yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah, 1) untuk mengetahui pengaruh kebiasaan sarapan pagi terhadap konsentrasi belajar dan hasil belajar siswa di kelas V SD Negeri 24 Kota Bengkulu, 2) untuk mengetahui manfaat kebiasaan sarapan pagi terhadap konsentrasi belajar dan hasil belajar siswa di kelas V SD Negeri 24 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan jenis pendekatan penelitian kuantiatif ex post facto. Adapun hasil penelitian ini dengan menguji hipotesis menggunakan regresi sederhana dengan variabel X (kebiasaan sarapan pagi), Y1 (konsentrasi belajar) dan Y2 (hasil belajar) berdasarkan perhitungan uji statistik diketahui hasil penelitian 1) Adanya pengaruh positif kebiasaan sarapan pagi terhadap konsentrasi belajar siswa dan 2) Adanya pengaruh positif kebiasaan sarapan pagi terhadap hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kebiasaan sarapan pagi, konsentrasi belajar dan Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 27 Sep 2021 08:03
Last Modified: 27 Sep 2021 08:03
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7307

Actions (login required)

View Item View Item