Karyanto, Karyanto (2021) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN ISLAM MULTIKULTURAL (Study Praktik Pembelajaran Pendidikan Islam Berbasis Multikultur di MA Miftahul Ulum Desa Tegalsari Kecamatan Megang Sakti Kabupaten Musirawas Sumatera Selatan). Masters thesis, UIN FAS Bengkulu.
|
Text
TESIS KARYANTO.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan agama Islam yang diajarkan di sekolah maupun madrasah jika dilihat dari fakta sosial empiris terasa belum berhasil seratus persen dalam mendidik anak didiknya bersikap toleran terhadap komunitas lain di luar dirinya. Hal ini terbukti dari masih banyak siswa/siswi terlibat dalam konflik-konflik dalam beragama. Maka untuk mengatasi problema tersebut, pendidikan Islam berbasis multikultural sebagai solusi alternative perlu diterapkan disekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, praktik serta faktor penghambat dan pendukung praktik pembelajaran Pendidikan Islam berbasis Multikultural di MA Miftahul Ulum Desa Tegalsari Kecamatan Megang Sakti Kabupaten Musirawas Sumatera Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menyatakan bahwa: 1. Pembelajaran pendidikan Islam berbasis multikultural MA Miftahul Ulum Desa Tegalsari diawali dengan membuat perencanaan pembelajaran yakni Rencana Program Pembelajaran (RPP) maupun dalam silabus, 2) Implementasi Pembelajaran Pendidikan Islam Berbasis Multikultural di MA Miftahul Ulum Desa Tegalsari Kecamatan Megang Sakti Kabupaten Musi Rawas, dilakukan melalui kegiatan pembelajaran di kelas dan melalui kegiatan sekolah di luar kelas. 1) Melalui kegiatan pembelajaran di kelas, diantaranya: a)Penerapan model pembelajaran (role playing, kooperatif dan inquiri); b)Bersikap universal dan tidak membeda�bedakan siswa; c)Memberi keteladanan; d) Meramu bahan ajar dalam proses pembelajaran; e)Menjunjung sikap menghormati dan menghargai. 2) Melalui kegiatan pembelajaran di luar kelas, diantaranya: a) kegiatan ekstrakurikuler keagamaan; b) Kegiatan hari-hari besar Islam; c) Kegiatan yang bersifat sosial. 3)Faktor pendukung dalam mengimplementasikan pendidikan Islam berbasiskan multikultural yaitu: 1) Adanya dukungan dari pihak pemerintah; b) Adanya kerjasama dan komunikasi yang baik antara pihak orang tua dan sekolah; 3) Lingkungan yang tenang serta, 4) Kesadaran yang besar dari orang tua akan pentingnya pendidikan bagi anak-anaknya. Sementara faktor-faktor penghambatnya, yaitu: 1) Adanya pemahaman tertentu yang telah mendarah daging bagi siswa dan keluarga untuk mengasingkan diri dari masyarakat; 2) Kurangnya kualitas dan kuantitas sumber daya manusia khususnya tenaga pendidik yang memahami betul tentang konsep pendidikan Islam berbasiskan multikultural; 3) Kurangnya sosialisasi yang memadai dari pihak madrasah akan pentingnya pendidikan Islam berbasis multikultural bagi siswa maupun kepada masyarakat umumnya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Pendidikan Islam Multikultural |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | PASCASARJANA > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S.IP Muhammad Yusrizal |
Date Deposited: | 29 Sep 2021 01:26 |
Last Modified: | 29 Sep 2021 01:26 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7325 |
Actions (login required)
View Item |