Sodikin, Ali (2021) STRATEGI PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN MELALUI METODE YANBU’A PADA SANTRI PONDOK PESANTREN DARUSSALAMAH DI DESA MARGA SAKTI KECAMATAN MUARA KELINGI KABUPATEN MUSIRAWAS. Masters thesis, UIN FAS Bengkulu.
|
Text
TESIS ALI SODIKIN.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Problem yang cukup mendasar dari kondisi objektif para Santri dewasa ini adalah salah satunya kurang disiplinya dalam proses pembelajaran Baca Tulis Al�Qur‟an, kemampuan membaca dan menulis Al-Qur‟an yang menunjukkan indikasi prestasi rendah. Dengan adanya pendidikan al-Qur‟an yang menggunkan metode Yanbu‟a, diharapkan para Santri dapat terbiasa membaca al-Qur‟an, sehingga dapat memperbaiki bacaan al-Qur‟an yang kurang baik.Secara umum, permasalahan yang timbul diantaraya seperti terkait kelancaran siswa dalam membaca al-Qur‟an, pelafalan makhraj, tajwid dan lain sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk: Untuk mendeskripsikan pelaksanaan strategi pembelajaran baca tulis Al-Qur‟an pada santri Pondok Pesantren Dârussalâmah, Untuk mengetahui metode yang digunakan pada pembelajaran Baca Tulis Al-Qur‟an pada santri di Pondok Pesantren Darusalamah, dan Untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan strategi pembelajaran baca tulis Al�Qur‟an pada santri di Pondok Pesantren Darusalamah Marga Sakti. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus.Adapun teknik datanya menggunakan reduksi data display/penyajian data, dan penarikan kesimpulan peniliti sebagai kesimpulan. Hasil penelitian menyatakan bahwa: 1) Pelaksanaan strategi pembelajaran baca tulis Al-Qur‟an pada santri Pondok Pesantren Darusalamah yakni teknik mengajar tutorial secara klasikal. Setelah itu dilakukan sorogan/Mukhadoroh istilah lain Musyafahah secara individu. 2) Metode yang digunakan pada pembelajaran Baca Tulis Al-Qur‟an pada santri di Pondok Pesantren Darusalamah yakni metode Yanbu‟a, dimana metode tersebut merupakan suatu metode baca tulis dan menghafal Al-Qur‟an, untuk membacanya santri tidak boleh mengeja, santri harus membaca langsung dengan cepat, selalu memperhatikan panjang, pendek dan tidak terputus-putus, 3) Faktor pendukung pelaksanaan strategi pembelajaran baca tulis Al-Qur‟an pada santri di Pondok Pesantren Darusalamah, yakni: penggunaan metode Yanbu‟a dalam pembelajaran Al-Qur‟an yang mampu membuat santri lebih semangat dalam belajar dan juga santri bisa mengenal tulisan Arab atau tulisan PEGON, serta dengan metode tersebut mudah dalam melatih santri untuk bisa menulis arab karena tanda baca yang jelas sehingga mempermudah membaca dan mengingat huruf-huruf Al�Qur‟an. Sementara itu, yang menjadi faktor penghambat yaitu kemampuan setiap anak yang berbeda, kurangnya konsentrasi anak.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Baca Tulis Al-Qur’an, Santri. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | PASCASARJANA > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S.IP Muhammad Yusrizal |
Date Deposited: | 29 Sep 2021 01:44 |
Last Modified: | 29 Sep 2021 01:44 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7339 |
Actions (login required)
View Item |