INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK DALAM KELUARGA BERBEDA AGAMA di DUSUN IV ALAS BANGUN DESA BUKIT HARAPAN/D4 BENGKULU UTARA

Sari, Diah Yulia (2021) INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK DALAM KELUARGA BERBEDA AGAMA di DUSUN IV ALAS BANGUN DESA BUKIT HARAPAN/D4 BENGKULU UTARA. Diploma thesis, UIN FAS Bengkulu.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI DIAH YULIA SARI BAB I-V (Lengkap)PDF.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui proses internalisasi nilai�nilai pendidikan agama Islam pada anak dalam keluarga berbeda agama dan faktor yang mempengaruhi internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam pada anak dalam keluarga berbeda agama di Dusun IV Alas Bangun. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret dan April 2021 dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data wawancara kepada tiga keluarga yang menganut keyakinan yang berbeda yaitu dalam keluarga bapak Bobi, bapak Satiyo dan bapak Firman, serta menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa dalam proses internalisasi nilai-nilai agama Islam kepada anak, dalam tiga keluarga ini menggunakan tahapan-tahapan seperti: transformasi nilai, transaksi nilai dan traninternalisasi nilai. Dimana dalam setiap keluarga pada saat menanamkan dan memberikan pengetahuan tentang nilai agama Islam pada anak selalu menjelaskan terlebih dahulu apa yang diajarkan tentang hal yang baik dan tidak baik, kemudian memberi peluang anak untuk menanyakan tentang apa yang tidak mereka ketahui kemudian orang tua mencontohkan hal yang diajarkan sehingga anak mampu mengimplementasikan hal yang telah diajarkan, selanjutnya yaitu orang tua mendidik kepribadian anaknya sampai terbentuk kepribadian yang baik. Proses internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam pada anak dilakukan setiap anak mereka libur sekolah dan dimalam hari. Sedangkan metode dan cara yang dipakai didalam penanaman nilai agama Islam keluarga bapak Bobi menggunakan metode ceramah dan keteladanan sedangkan keluarga bapak Satiyo dan bapak Firman menggunakan metode ceramah. Faktor yang mempengaruhi internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam pada anak dalam keluarga berbeda agama, yaitu ada faktor pendukung dan penghambat. Untuk faktor pendukung antara lain, toleransi/kebebasan memeluk agama dan sikap saling menghormati dalam keluarga, pembelajaran TPA di Masjid serta peran saudara dan kerabat. Sedangkan faktor penghambat antara lain, seringnya anak bermain HP dan menonton Televisi, lingkungan sosial yang tidak mendukung Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam Pada anak Dalam Keluarga Berbeda Agama.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 29 Sep 2021 02:01
Last Modified: 29 Sep 2021 02:01
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7346

Actions (login required)

View Item View Item