KOMPARASI PORTOFOLIO PEMBELAJARAN TATAP MUKA DAN PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 66 KOTA BENGKULU

Qomariah, Windiarti (2021) KOMPARASI PORTOFOLIO PEMBELAJARAN TATAP MUKA DAN PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 66 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN FAS BENGKULU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI WINDIARTI QOMARIAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Windiarti Qomariah, Nim 1711240106, Dengan Judul ”Komparasi Portofolio Pembelajaran Tatap Muka Dan Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas IV Sd Negeri 66 Kota Bengkulu”, Skripsi : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah Dan Tadris, IAIN Bengkulu. Pembimbing 1. Dr. H. Ali Akbarjono M.Pd, Pembimbing 2. Rossi Delta Fitrianah, M.Pd. Kata Kunci : Perbandingan penerapan pembelajaran daring dan pembelajaran tatap muka pada mata pelajaran IPA Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan penilaian portofolio pada pembelajaran daring dan pembelajaran tatap muka,dan adakah perbandingan antara penilaian portofolio pembelajaran daring dan pembelajaran tatap muka. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah jenis penelitian lapangan (field risearch) studi komparasi dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini menghasilkan temuan: Pada saat pembelajaran daring jenis portofolio yang digunakan hanya jenis portofolio produk atau dokumentasi. Yang hanya menilai hasil dari apa yang dikerjakan oleh peserta didik tanpa menilai proses saat membuat suatu tugas atau karya yang di perintahkan. Berbeda dengan pada saat pembelajaran tatap muka menggunakan jenis portofolio proses dan portofolio produk, menialai disemua ranah proses dan hasil karya peserta didik. Namun pada saat melihat bukti penilaian pembelajaran daring yang dibuat oleh guru tidak sesuai apa yang mereka katakan, karena pada saat penilaian yang nampak hanya penilaian hasil kerja peserta didik atau hasil tugas peserta didik. penilaian hasil proses dan penilaian sikap tidak dibuat oleh guru kelas IV. Seharusnya guru juga membuat penilaian proses dan sikap karena penilaian portofolio menilai disemua ranah. Berbeda pada saat penilaian portofolio pembelajaran tatap muka semua penilaian dari penilaian proses dan produk semua nya dinilai oleh guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Perbandingan penerapan pembelajaran daring dan pembelajaran tatap muka pada mata pelajaran IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 29 Sep 2021 03:21
Last Modified: 29 Sep 2021 03:21
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7385

Actions (login required)

View Item View Item