Sari, Ela Permata (2021) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VII DI SMP N 02 TEBAT KARAI KEPAHIANG. Diploma thesis, UIN FAS Bengkulu.
|
Text
SKRIPSI ELA PERMATA SARI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui skripsi ini adalah adakah pengaruh penggunaan media sosial facebook terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas VII SMP N 02 Tebat Karai Kepahiang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh penggunaan media sosial facebook terhadap prestasi belajar pai siswa kelas VII SMP N 02 Tebat Karai Kepahiang dan untuk mengetahui kualitas belajar siswa setelah menggunakan media sosial facebook. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rumus regresi linier sederhana. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket (kuisioner), dan dokumentasi. Sedangkat sampelnya adalah 53 orang. Teknik analis dalam penelitian ini menggunakan rumus regresi sederhana, untuk uji validitas menggunakan product moment dan uji reliabilitas menggunakan alpa cronbach, yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP N 02 Tebat Karai Kepahiang yang berjumlah 219 orang. Dari keseluruhan populasi diambil 16% sebagai sampel dengan menggunakan teknik sampling purpose (pertimbangan tertentu). Berdasarkan temuan disimpulkan bahwa penggunaan media sosial berpengaruh terhadap prestasi belajar PAI siswa, hal ini dapat dibuktikan dengan melihat hasil regresi sederhana adalah t = -4,106 p = 0,000 dimana ketentuan signifikan apabila t hitung > t tabel atau p< α (0,05). T tabel diperoleh dari tabel t dengan ketentuan df = N-1 (df=52) pada taraf signifikansi 0,05. Oleh karena penggunaan media sosial memiliki t hitung > t tabel dan nilai p<α (0,05), maka diartikan bahwa terdapat pengaruh Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Prestasi Belajar PAI Siswa SMPN 02 Tebat Karai Kepahiang. Nilai negatif pada nilai t menunjukkan arah pengaruh berlawanan antara Penggunaan Media Sosial dengan Prestasi Belajar PAI Siswa. Arah pengaruh yang berlawanan dapat diartikan dengan semakin tinggi penggunaan media sosial maka prestasi belajar PAI siswa akan semakin menurun, begitu pula sebalikanya semakin rendah penggunaan media sosial maka akan semakin tinggi prestasi belajar PAI siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penggunaan Media Sosial dan Prestasi Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S.IP Muhammad Yusrizal |
Date Deposited: | 29 Sep 2021 03:31 |
Last Modified: | 29 Sep 2021 03:31 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7399 |
Actions (login required)
View Item |