STRATEGI GURU PAI DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN SIKAP KEAGAMAAN SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER RISMA DI SMP NEGERI 9 LUBUK LINGGAU

Afrika, Lensya (2021) STRATEGI GURU PAI DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN SIKAP KEAGAMAAN SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER RISMA DI SMP NEGERI 9 LUBUK LINGGAU. Masters thesis, UIN FAS Bengkulu.

[img]
Preview
Text
LENSA_TESIS_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana strategi guru PAI dalam meningkatkan pemahaman dan sikap keagamaan siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler Risma Di SMP Negeri 9 Lubuklinggau. Jenis penelitian adalah penelitian lapangan dengan pendekatan metode kualitatif dan yang menjadi infroman dalam penelitian ini adalah kepala, sekolah guru PAI, pembina RISMA dan siswa. Hasil penelitian, bahwa 1) Guru Pendidikan Agama Islam dalam memberi pemahaman dan sikap keagamaan siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler RISMA di SMP Negeri 9 Lubuklinggau mengadakan kegiatan keagamaan diluar mata pelajaran Pendidikan Agama Islan, juga saran dari siswa untuk membuat kegiatan keagamaan disekolah secara rutin, karena menganggap bahwa jam mata pelajaran pendidikan Agama Islam masih kurang memadai untuk memberikan pemahaman nilai-nilai kegamaan bagi siswa. Bentuk pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler RISMA di SMP Negeri 9 Lubukinggau ditetapkan pada setiap hari jum’at setelah siswa melaksanakan sholat jum’at dilaksanakan dalam lingkungan sekolah tepatnya di masjid Al-Falah SMP Negeri 9 Lubuklinggau, kegiatan ini berisi tentang materi kegamaan yang dibimbing langsung oleh pembina kegiatan yaitu guru pendidikan Agama Islam serta dibantu oleh seluruh guru Pendidikan Agama Islam yang ada di SMP Negeri 9 Lubuklinggau. 2) Faktor penghambat dalam pelaksanaan kegiatan adalah tidak semua siswa yang berminat mengikuti ekstrakurikuler RISMA bisa mengikuti kegiatan tersebut dikarenakan waktu pelaksanaan kegiatan dilakukan secara bersamaan sehingga siswa hanya bisa memilih salah satu ekstrakurikuler saja. Faktor pendukung dalam pelaksanaan kegiatan ini yaitu sekolah memberikan kebijakan bahwa semua kegiatan dilaksanakan pada jam efektif sekolah yaitu pada setiap minggunya setelah sholah jum’at dan zuhur berjama’ah disekolah, sehingga siswa tidak bisa pulang dan istrahat terlebih dahulu diluar lingkungan sekolah, juga sekolah memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan ekstrakurikuler RISMA dengan menyediakan sarana dan prasarana, serta pembiayaan dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler RISMA.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru, Memberi Pemahaman, Sikap Keagamaan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: PASCASARJANA > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 29 Sep 2021 03:33
Last Modified: 29 Sep 2021 03:33
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7402

Actions (login required)

View Item View Item