PENERAPAN STRATEGI MARKETING MIX PEDAGANG MUSLIM MASA PANDEMI COVID-19 ( Studi Penelitian Pedagang Muslim Pasar Tradisional Modern Bengkulu

Anggrasela, Deka (2021) PENERAPAN STRATEGI MARKETING MIX PEDAGANG MUSLIM MASA PANDEMI COVID-19 ( Studi Penelitian Pedagang Muslim Pasar Tradisional Modern Bengkulu. Diploma thesis, UIN FAS BENGKULU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI DEKA ANGGRASELA NIM 1611130100.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penerapan Strategi Marketing Mix Pedagang Muslim Masa Pandemi Covid-19 di Pasar Tradisional Modern Bengkulu Oleh : Deka Anggrasela, NIM: 1611130100. Pandemi Covid-19 atau dikenal juga dengan pandemi corona virus adalah pandemi global yang menyerang sistem pernapasan dan sistem imun pada tubuh manusia. Pandemi ini muncul diawal tahun 2020 dan dampaknya telah memukul berbagai sudut ekonomi. Banyak ekonomi masyarakat yang menurun drastis ditengah pandemi yang terjadi, termasuk para pedagang muslim yang ada di Pasar Tradisional Modern Bengkulu yang menyebabkan berkurangnya angka penjualan sehingga para pedagang harus mengembangkan strategi dalam usahanya di masa pandemi yang sedang terjadi saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi Marketing mix yang dilakukan oleh para pedagang muslim dalam menghadapi Pandemi Covid-19 yang telah menyebabkan penurunan drastis dalam penjualan. Skripsi ini dianalisis menggunakan metode analisis data secara kualitatif. Dengan cara mewawancarai para pedagang muslim di Pasar Tradisional Modern Bengkulu. Prosedur penelitian lapangan yang menghasilkan data deskriptif yang berupa data-data tertulis atau lisan dari orang-orang atau prilaku yang diamati. Dalam penelitian ini setiap gejala yang terkait dengan strategi Marketing mix oleh para pedagang muslim di pasar tradisional Modern akan dikaji secara menyeluruh dan mendalam serta diupayakan memberikan makna yang mendalam tentang fenomena yang ditemukan. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa pedagang muslim di Pasar Tradisioanl Modern Bengkulu menerapkan strategi marketing mix yang terdiri dari Produk, Price, Place, dan Promosi. Dalam strategi Produk pedagang berusaha selalu mengutamakan kehalalan produk dan kelayakan konsumsi produk meskipun sedang berada di tengah masa pandemi covid-19. Produk yang dijual oleh para pedagang bermacam-macam jenis sesuai dengan kebutuhan konsumen. Produk yang dijual merupakan produk yang memang dibutuhkan oleh masyarakat. Dalam strategi Price, harga telah disesuaikan untuk bisa bersaing dan adanya diskon khusus untuk pelanggan. Harga yang diberikan menyesuaikan kondisi keuangan konsumen. Dalam Promotion sudah adanya promosi melalui brosur, marketplace dan informasi dari mulut ke mulut yang membuat pelanggan tahu produk-produk dari para pedagang. Dan pedagang sudah memberikan kemudahan kepada para pembeli dengan cara memberikan jasa free ongkir antar produk langsung kerumah konsumen. Place ( tempat ) mudah untuk dijangkau oleh pembeli, telah tersedia tempat sholat, pedagang juga menyediakan ruangan yang nyaman dan aman dengan menyediakan handsanitizer dan masker untuk pembeli.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi Marketing mix, marketing mix Syariah
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 30 Sep 2021 01:23
Last Modified: 30 Sep 2021 01:23
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7426

Actions (login required)

View Item View Item