PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS LITERASI SAINS DENGAN TEMA KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP DAN BENDA TAK HIDUP UNTUK KELAS VII SMP

Sari, Susan Aprilia Dwi (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS LITERASI SAINS DENGAN TEMA KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP DAN BENDA TAK HIDUP UNTUK KELAS VII SMP. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SUSAN APRILIA DWI SARI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan untuk mengetahui hasil uji kelayakan pada Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis literasi sains materi dengan tema klasifikasi makhluk hidup dan benda tak hidup untuk SMP/MTs kelas VII. Desain bahan ajar Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) ini di buat semenarik mungkin dengan cara menggabungkan materi klasifikasi makhluk hidup dan tak hidup dengan lingkungan sehari-hari serta lingkungan sekitar peserta didik dan dilengkapi juga dengan gambar dan ilustrasi yang disesuaikan dengan tingkat perkembangan dan pemahaman pserta didik. Metode penelitian pengembangan menurut Sugiyono yang terdiri dari 9 tahap yaitu tahap potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji pemakaian, dan tahap produk akhir. Subjek penelitian adalah 3 orang dosen ahli sebagai validasi, respon 10 orang siswa kelas VII dan 2 guru mata pelajaran IPA SMP N 06 Bengkulu Selatan. Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan melakukan observasi awal dan wawancara, angket guru dan angket siswa. Hasil dari penelitian ini 88,33% hasil uji validasi bahasa, 89,09% hasil uji valiadsi materi, 82,96% hasil uji validasi desain/media dengan kategori layak untuk digunakan. Sedangkan data dari analisis angket respon pendidik pada setiap komponen yaitu mendapatkan nilai 94,48% (kategori sangat sangat layak) serta untuk data analisis angket peserta didik 82,46% (kategori sangat sangat layak). Dari hasil data tersebut dapat disimpulkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis literasi sains telah layak dan siswa setuju untuk digunakan sebagai media pembelajaran dalam menunjang proses belajar mengajar pada materi dengan tema klasifikasi makhluk hidup dan benda tak hidup untuk SMP/MTs kelas VII.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik, Literasi Sains, Klasifikasi Makhluk Hidup Dan Benda Tak Hidup.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 30 Sep 2021 01:27
Last Modified: 30 Sep 2021 01:27
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7431

Actions (login required)

View Item View Item