PROBLEMATIKA PENGGUNAAN E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN QURAN HADITS PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MIN 3 MUSI RAWAS

Umbar, Umbar (2021) PROBLEMATIKA PENGGUNAAN E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN QURAN HADITS PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MIN 3 MUSI RAWAS. Masters thesis, UIN FAS Bengkulu.

[img]
Preview
Text
TESIS UMBAR.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran daring menjadi alternatif dalam dunia pendidikan terlebih dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadits agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Dalam pelaksanaannya, proses pembelajaran daring tentu tidak selalu berjalan dengan baik, ada hambatan yang menjadikan suatu problematika itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana kebijakan pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an Hadits secara daring pada masa pandemi Covid-19 di MIN 3 Musi Rawas, (2) Problematika pembelajaran Al-Qur’an Hadits secara daring pada masa pandemi Covid-19 di MIN 3 Musi Rawas, (3) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi problematika pembelajaran Al-Qur’an Hadits secara daring pada masa pandemi Covid- 19 di MIN 3 Musi Rawas. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti adalah: (1) kebijakan pelaksanaan pembelajaran Al- Qur’an Hadits secara daring pada masa pandemi Covid-19 di MIN 3 Musi Rawas dilakukan dengan menggunakan media pembelajaran E�learning madrasah dan media WhatsApp. Guru yang bersangkutan telah menentukan kompetensi dasar yang esensial yang dapat dicapai selama masa pandemi. (2) Problematika pembelajaran Al-Qur’an Hadits secara daring pada masa pandemi Covid-19 di MIN 3 Musi Rawas yang terjadi disebabkan karena faktor diantaranya, pertama, faktor pendidik yakni, penguasaan teknologi yang masih rendah, keterbatasan guru dalam mengontrol proses pembelajaran, dan kurangnya keefektifan proses pembelajaran. Kedua, faktor peserta didik, seperti, motivasi belajar yang rendah, pemahaman materi yang rendah, keterbatasan internet. Ketiga, faktor lingkungan, yakni, kurangnya pemantauan orang tua dan pengaruh lingkungan bermain. (3) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi problematika pembelajaran Al-Qur’an Hadits secara daring di MIN 3 Musi Rawas diantaranya, meningkatkan profesionalisme guru dalam bidang teknologi, meningkatkan komunikasi dengan orang tua dan peserta didik, meningkatkan motivasi belajar siswa, memberikan bantuan fasilitas kepada peserta didik yang kurang mampu secara finansial, orang tua harus memperhatikan perkembangan proses pembelajaran anak, dan meningkatkan kedisiplinan siswa dalam belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Problematika Pembelajaran E-Learning, Al-Qur’an Hadits
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisions: PASCASARJANA > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 04 Oct 2021 00:57
Last Modified: 03 Nov 2021 07:19
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7439

Actions (login required)

View Item View Item