Istiqomah, Zulfa (2021) PENGGUNAAN MEDIA ONLINE DALAM PEMBELAJARAN IPA MASA COVID-19 DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN FAS BENGKULU.
|
Text
SKRIPSI ZULFA ISTIQOMAH.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Zulfa Istiqomah, NIM. 1711240070, 2021, Dengan judul “Penggunaan Media Online dalam Pembelajaran IPA Masa Covid-19 di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kota Bengkulu”. Skripsi: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Tadris, IAIN Bengkulu. Pembimbing I Dr. Buyung Surahman, M.Pd., dan Pembimbing II Zubaidah, M.Us. Kata Kunci : Penggunaan Media Online, Pembelajaran Masa Covid-19. Penelitian ini dilatar belakangi Pandemi menimbulkan tantangan khusus bagi pendidik yang mana jenjang pendidikan bertransformasi untuk beradaptasi secara tiba-tiba drastis untuk melakukan pembelajaran melalui media daring (online). Menggunakan media online menjadi pilihan bagi pendidik dan peserta didik untuk menunjang pembelajaran masa pandemi. Pembelajaran daring tidak mudah seperti yang dibayangkan, karena belum sepenuhnya siap. Yang mana muncul berbagai kendala yang dihadapi oleh siswa dan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media online dalam pembelajaran IPA masa covid-19 di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kota Bengkulu dan mengetahui berbagai hambatan penggunaan media pembelajaran online masa covid-19. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriftif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan trianggulasi yaitu membandingkan pengumpulan data berusaha mengecek kebenaran data tertentu dengan data yang diperoleh dari sumber lain. Teknik analisis data menggunakan data reduction, data display, dan verification. Hasil penelitian yang ditemukan yaitu penggunaan media pembelajaran online masa covid-19 di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kota Bengkulu dengan pemilihan media pembelajaran, cara mengakses dan mempersiapkan bahan ajar berupa media pembelajaran sebelum proses pembelajaran berlangsung. Media yang digunakan adalah media berbasis multimedia dan media komunikasi platform whatsapp group, google classroom dan video pembelajaran seperti youtube. Namun, pembelajaran daring memiliki hambatan dalam pelaksanaannya yaitu masih kurangnya kemampuan pengetahuan dan cara penguasaan IT, terdapat peserta didik yang tidak memiliki handphone android untuk menunjang proses pembelajaran daring, terbatasnya jaringan dan kuota internet. Serta kesulitan peserta didik memahami materi pembelajaran adalah tantangan tersendiri dalam pembelajaran daring.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penggunaan Media Online, Pembelajaran Masa Covid-19. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Syahril Syahril M.Ag |
Date Deposited: | 03 Nov 2021 07:49 |
Last Modified: | 03 Nov 2021 07:49 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7475 |
Actions (login required)
View Item |