Anriska, Yuli (2021) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI BUDAYA RELIGIUS DI MTS PONDOK PESANTREN AL-QUR’AN HARSALLAKUM KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno.
|
Text
Skripsi Yuli Anriska.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan merupakan pilar tegaknya suatu bangsa. Pendidikan bukan hanya terpaku dalam faktor intelektual yang dimiliki seseorang saat menempuh pendidikan namun juga harus diintegrasikan dengan faktor lain seperti halnya sikap, perilaku, dan karakter. Budaya religius merupakan salah satu bentuk nyata dari implementasi pendidikan karakter di sekolah. Upaya tersebut untuk mentradisikan perilaku positif (akhlakul karimah) kepada siswa sehingga budaya religius dapat terwujud melalui nilai-nilai agamis, perilaku, aktivitas, dan simbol�simbol religius yang didukung oleh komponen pendidikan lainnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana bentuk budaya religius yang diterapkan, bagaimana implementasi pendidikan karakter melalui budaya religius, dan bagaimana dampak pendidikan karakter melalui budaya religius di MTs Pondok Pesantren Al-Qur’an Harsallakum Kota Bengkulu. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis program budaya religius yang diterapkan, implementasi pendidikan karakter melalui budaya religius, dan dampak pendidikan karakter melalui budaya religius di MTs Pondok Pesantren Al-Qur’an Harsallakum Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan bentuk penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan proses yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, paparan data, dan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dengan triangulasi sumber membandingkan dan mengecek balik informasi yang diperoleh melalui teknik pengumpulan data yang berbeda. Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) bentuk program budaya religius dilakukan melalui program 5S (senyum, salam, sapa, sopan, dan santun), program rutin pagi (tahsin dan tahfiz, sholat dhuha, do’a dan membaca asmaul husna sebelum belajar), muhadaroh, penambahan mufrodat/vocab, sholat dzuhur dilanjutkan kultum dan membaca surat pendek/hadist, munazomah, keputrian, peringatan PHBI (Isra’ Mi’raj, Maulid Nabi, Hari Santri Nasional, Kegiatan bulan Ramadhan). (2) implementasi pendidikan karakter melalui budaya religius dilaksanakan melalui nilai-nilai Islami, aktivitas-aktivitas Islami, dan simbol-simbol Islami. (3) dampak implementasi pendidikan karakter melalui budaya religius ialah terhadap sikap spiritual, sosial dan pengetahuan peserta didik
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Pendidikan Karakter, Budaya Religius |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ms yuliana saputri |
Date Deposited: | 04 Nov 2021 01:10 |
Last Modified: | 04 Nov 2021 01:11 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7482 |
Actions (login required)
View Item |